Hidden Kuriculum (Kurikulum Tersembunyi) Sebagai Wujud Pendidikan Karakter (Studi pada SMK Al-Wathan Ambon)

Authors

  • Susanti Umagap Universitas Pattimura Ambon
  • Lisye Salamor Universitas Pattimura Ambon
  • Titus Gaite Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3298

Abstract

Abstrak

 Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini bahwa untuk mengetahui bentuk dan aplikasi hidden curriculum di SMK Al-Wathan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang mana bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SMK Al-Wathan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah Hidden curriculum lebih mengutamakan pada pengembangan pengembangan sikap, karakter, kecakapan, dan keterampilan yang berguna bagi siswa dan dapat melengkapi pendidikan yang kurang dalam kurikulum formal. Hidden curriculum merupakan penyeimbang dalam pembelajaran di kelas yang didominasi untuk pengembangan ranah kognitif dan psikomotorik. Lulusan yang dihasilkan dari sebuah produk pendidikan yang menerapkan hidden curriculum selain cerdas intelektual juga matang secara emosional. Kaitannya dengan hidden curriculum dan pendidikan karakter, sebenarnya telah menginternalisasi nilai-nilai dalam setiap aktivitas di sekolah. Namun, internalisasi kurikulum tersembunyi merupakan kurikulum yang tidak tertulis, tidak direncanakan secara terprogram tapi keberadaannya berpengaruh pada perubahan tingkah laku peserta didik.

Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan, Karakter

 

Abstract

The purpose of this research is to find out the forms and applications of hidden curriculum in Al-Wathan. The type of research used is descriptive qualitative researchers, which aims to determine the character education of mela hidden curriculum at SMK Al Wathan. The data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation. The results of the research found are Hidden curriculum prioritizes the development of attitude, Character skills, and skills that are useful for students and can complement the education that is lacking in the formal curriculum Hidden clericulum is a balancer in learning in the classroom which is dominated for the development of cognitive and psychomotor domains. Graduates are produced and an educational product that applies a hidden curriculum in addition to intellectual intelligence as well emotionally mature, in relation to the hidden curriculum and character education, in fact it has internalized values ​​in every activity in school, especially in learning activities. Kulum that is not written, is not programmed, but its existence affect behavior changes students.

Keywords: Curriculum, Education. Character

References

DAFTAR PUSTAKA

A.Glatthon, Allan, 2005, Writing the Winning Thesis or Dissertation a Step By Step Guide, California : Corwin Press

Aunillah, Nurla. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Disekolah. Jogjakarta: Laksana.

Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta. Rineka Cipta.

Dede Rosyada. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan. Pendidikan.Jakarta : Kencana.

Kumalasary, Nyana. 2010. Hidden curriculum Dalam Pembelajaran Sejarah dan Penanaman Nasionalisme. Jurnal Istoria, Volume 11 Nomor 2. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Maryani, I., & Sulisworo. 2015. The Analysis of Hidden Curriculum At Elementry School In Indonesia. Joint Seminar An School Administration and Multicultural Society.

Rosyada, Dede,2015: Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Demokrasi, Asasi Manusia dan Masyarakat Madani, Jakarta : Kencana.

Salamor, L., & Ritiauw, S. P. (2021). Analisis Keberadaan Hidden Curriculum dalam Pengembangan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 34–43.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian Bandung. Bandung Alfabety.

Downloads

Published

2022-09-21