Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match Untuk Pembelajaran PKn di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.3795Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media puzzle berbasis make a match layak menjadi produk pengembangan pada pembelajaran PKn untuk siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Ambarketawang I pada materi perilaku yang mencerminkan dan tidak mencerminkan Pancasila sila 1-3. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan angket ahli materi, ahli media, respon siswa, respon guru. Analisis data menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media puzzle berbasis make a match yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi yang ditinjau dari kesesuaian kurikulum, kebenaran isi dan cara penyajian aspek isi. Hal tersebut didukung dengan perolehan total skor 39 dari aspek yang dinilai dengan kategori “baikâ€. Kelayakan media puzzle berbasis make a match yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media yang ditinjau dari aspek isi dan desain. Hal tersebut didukung dengan perolehan total skor 61 dari aspek yang dinilai pada kategori “sangat baikâ€. Sedangkan berdasarkan angket respon siswa mendapatkan nilai 92,7% dengan kategori sangat baik dan hasil angket respon guru skor total yang diperoleh adalah 57 dikategorikan “ Sangat Baikâ€.
Kata Kunci: Media Puzzle, Metode cooperative make a match, PKn
Â
Abstract
This study aims to determine the use of make a match-based puzzle media that is feasible to be a development product in Civics learning for fourth-grade students at SD Muhammadiyah Ambarketawang I on behavioral material that reflects and does not reflect the Pancasila precepts 1-3. The type of research used is research and development. The data collection instrument used observation guidelines and questionnaires from material experts, media experts, student responses, and teacher responses. Data analysis using qualitative and quantitative data analysis techniques. The results of this study are the feasibility of make a match-based puzzle media which was developed based on the assessment of material experts in terms of curriculum suitability, content truth and how to present content aspects. This is supported by the acquisition of a total score of 39 from the aspects assessed in the "good" category. The feasibility of make a match-based puzzle media developed based on the assessment of media experts in terms of content and design aspects. This is supported by the acquisition of a total score of 61 from the aspects assessed in the "very good" category. Meanwhile, based on the student response questionnaire, the score was 92.7% in the very good category and the results of the teacher response questionnaire the total score obtained was 57 categorized as "Very Good".
Keywords: Puzzle Media, Cooperative method make a match, PKn
References
DAFTAR PUSTAKA
Afra. 2013. Peningkatan Aktifitas Belajar Penidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Cooperative Make a match Pada Murid Kelas III Sekolah Dasar Negeri 10 Toho
Andang, Ismail. 2013. Edukatif Games. Yogyakarta: Pro-U Media.
Antonius., Sabri, Tahmid,. Sukri, H.M. 2015. Peningkatan Aktivitas Peserta Didik Menggunakan Teknik Make A Match Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal untan.ac.id.
Danuri & Maisaroh, Siti. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Falla, Dwi Noer & Mintohari. 2019. Pengembangan Media Berbasis Make a Match Tentang Sistem Kerangka Manusia Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Vol. 7 Nomor 1
Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 2 No 1. Halaman 34-49
Kurnianti, Sri, Erviyeni. 2016. Penggunaan Media Chem Puzzle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon Di Kelas X Sma Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 3, No 1
Lusiana. 2018. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu. Vol. 2 No. 2. Halaman 32-39
Pongoh, Feiby Marlin. Sinuw, Alicia A. E. Tulenan, Virginia. 2016. Alat Peraga Digital Pengenalan Pahlawan Sulawesi Utara. E- Jurnal Teknik INformatika. Vol. 8 Nomor 1
Resiyati. 2010. Upaya Meningkatkan kemampuan Membaca Peta Lingkungan Setempat dengan Media Puzzle Peta pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Petarukan Pemalang, Laporan Penelitan Tindakan Kelas Universitas Sebelas Maret. Retrived from https://eprints.uns.ac.id/8627/.
Sari, Yeni Diana Mella. 2016. Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Materi Pengambilan Keputusan Bersama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Kelas VA SDN Bojong Salaman 01 Semarang. Skripsi. Semarang: FIP Universitas Negeri Semarang.
Srimulyanti. 2016. Pengembangan puzzle edukatif sebagai media pengenalan angka untuk kelompok A di TK Purbonegaran, Gondongkusuman, Yogyakarta (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrived from https://eprints.uny.ac.id/42561/.
Zakiyah, Ismi, Kusmanto, Hadi. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. EduMa. Vol. 6 No. 1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rian Nurizka, Lintang Manik M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.