Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren Berbasis Asrama pada Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4014Abstract
Abstrak
Lembaga Pendidikan Islam adalah salah satu lembaga pendidikan yang bernuansaka islami karena berllndaskan Al-Qur’an dan Hadist sebagai rujukan kurikulummnya. Pesantren merupakan salah satu lebaga pendidikan Islam yang berupaya untuk mengaplikasikan konsep Islam dalam kurikulummnya. Salah satu tujuan dari pada kurikulum adalah agar para santri mengenal Allah dengan potensi-potensi yang ada. Secara aksiologi, para santeri mempunyai nilai-nilai akhlakul karimah. Umumnya di di Pesantren terdapat asrama sebagai tempat tinggal bagi para santri. Banyak program-program yang diterapkan di asrama. Implementasi dari program asrama diharapkan dapat mengembangan bakat serta potensi yang ada dalam diri para santri. Agar hal tersebut terealisasikan, maka dibutuhkan kurikulum yang afektif dan efesien untuk menggapai apa-apa yang teah dicita-citakan oleh sebuah pesantren tersebut.
Kata Kunci: Kurikulum Pesantren, Asrama, Lembaga Pendidikan Islam
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman Wahid, Kurikulum Pesantren dan Penyediaan Lapangan Kerja “Dalam Bunga Rampai Pesantrenâ€, (Jakarta, CV Dharma Bhakti, 2006).
Anin Nurhayati, Kurikulum Inovasi, Telaah Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Teras, 2010).
Djamaluddin Perawironegoro, Manajemen Asrama di Pesantren, Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2, November 2019.
Mukammad Risa Diki Pratama, Atie Ernawati danYulistiana, Perancangan Pondok Pesantren Modern dengan Pendekatan Arsitektur Modern di Depok, Jurnal Desain, Vol. 5, No. 2 Januari 2018.
Philip Sadler, 2003. Strategic Management, (British: Kogan Page, 2003).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2008).
Tony Modern, Principles of Strategic Management, (New York: Mc Graw Hill Inc, 2007).
Ulyan Nazri, Pendidikan Perempuan: Refpleksi Pemikiran TGH. M. Zainuddin Abdul Madjid, Jurnal Schemata, Volume 4, Nomor 1, Juni 2015.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007).
Yasmadi, Modernisasi Pesatren. (Jakarta: Quantum Teaching, 2005).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fitri Wahyuningsing, Sarina Aini, Ulil Azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.