Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren Berbasis Asrama pada Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Fitri Wahyuningsing Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar
  • Sarina Aini Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk. Chik Pante Kulu Banda Aceh
  • Ulil Azmi Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk. Chik Pante Kulu Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.4014

Abstract

Abstrak

Lembaga Pendidikan Islam adalah salah satu lembaga pendidikan yang bernuansaka islami karena berllndaskan Al-Qur’an dan Hadist sebagai rujukan kurikulummnya. Pesantren merupakan salah satu lebaga pendidikan Islam yang berupaya untuk mengaplikasikan konsep Islam dalam kurikulummnya. Salah satu tujuan dari pada kurikulum adalah agar para santri mengenal Allah dengan potensi-potensi yang ada. Secara aksiologi, para santeri mempunyai nilai-nilai akhlakul karimah. Umumnya di di Pesantren terdapat asrama sebagai tempat tinggal bagi para santri. Banyak program-program yang diterapkan di asrama. Implementasi dari program asrama diharapkan dapat mengembangan bakat serta potensi yang ada dalam diri para santri. Agar hal tersebut terealisasikan, maka dibutuhkan kurikulum yang afektif dan efesien untuk menggapai apa-apa yang teah dicita-citakan oleh sebuah pesantren tersebut.

Kata Kunci: Kurikulum Pesantren, Asrama, Lembaga Pendidikan Islam

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman Wahid, Kurikulum Pesantren dan Penyediaan Lapangan Kerja “Dalam Bunga Rampai Pesantrenâ€, (Jakarta, CV Dharma Bhakti, 2006).

Anin Nurhayati, Kurikulum Inovasi, Telaah Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Teras, 2010).

Djamaluddin Perawironegoro, Manajemen Asrama di Pesantren, Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 2, November 2019.

Mukammad Risa Diki Pratama, Atie Ernawati danYulistiana, Perancangan Pondok Pesantren Modern dengan Pendekatan Arsitektur Modern di Depok, Jurnal Desain, Vol. 5, No. 2 Januari 2018.

Philip Sadler, 2003. Strategic Management, (British: Kogan Page, 2003).

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2008).

Tony Modern, Principles of Strategic Management, (New York: Mc Graw Hill Inc, 2007).

Ulyan Nazri, Pendidikan Perempuan: Refpleksi Pemikiran TGH. M. Zainuddin Abdul Madjid, Jurnal Schemata, Volume 4, Nomor 1, Juni 2015.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007).

Yasmadi, Modernisasi Pesatren. (Jakarta: Quantum Teaching, 2005).

Downloads

Published

2022-09-09