Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Melalui Budaya Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4853Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi sekolah yang peserta didiknya berasal dari berbagai daerah dengan berbagai keanekaragaman suku, budaya, bahasa, dan adat istiadat, bahkan ada peserta didik yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia dan Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan karakter kebhinekaan peserta didik melalui budaya sekolah di SMP MBS Prambanan Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Budaya sekolah di SMP MBS Prambanan Yogyakarta yang berkaitan dengan kebhinekaan global yaitu budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun), penggunaan bahasa indonesia dalam berinterkasi dan berkomunikasi, Rolling tempat duduk yang rutin dilakukan setiap hari. (2) Penguatan karakter kebhinekaan global pada aspek mengenal dan menghargai budaya di SMP MBS Prambanan Yogyakarta dilakukan melalui seminar kebudayaan, Program International Sister School, Program unggulan Amal Bakti Santri (ABAS), perlombaan budaya, melalui projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, melalui pelajaran PPKn. (3) Penguatan karakter kebhinekaan global pada aspek komunikasi interkultural peserta didik dalam berinteraksi di SMP MBS Prambanan Yogyakarta dilakukan dengan penyamaan penggunaan bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa arab dalam berinteraksi dan berkomunikasi. (4) Karakter kebhinekaan global pada aspek refleksi dan tanggung jawab peserta didik terhadap pengalaman implementasi karakter kebhinekaan global dilakukan melalui pengimplementasian kurikulum merdeka, acara ramah tamah forum disksui, dengan adanya ujian bahasa, adanya penugasan dari IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) dalam bidang bahasa sebagai pengawas.
Kata Kunci: Penguatan Karakter, Kebhinekaan Global, Budaya Sekolah
References
DAFTAR PUSTAKA
Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Tadbir Muwahid, 5(1), 91. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.
Nisa’, Z. (2022). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo.
Permendikbud. (2020). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Ristanti, D. H. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 30 dan SMPIT Ash-Shiddiq Jakarta Utara).
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306
Setyorini, I. (2021). Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, Vol. 8 No.
Sufanti, M., Dewi Purwati, P., & Cahyati, J. N. (2021). Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 Sebagai Bahan Edukasi Karakter Kebhinekaan Global. Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-43.
Suhadisiwi, I. (2018). Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PKK) Berbasis Budaya Sekolah. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA).
Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, U., Puspita Dewi, N., Dwiyanti, L., & Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, P. (2022). “Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indonesia yang unggul dan Tangguh” Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4.0.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Refa Annisa Yudha, Syifa Siti Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.