Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Melalui Budaya Sekolah

Authors

  • Refa Annisa Yudha Universitas Ahmad Dahlan
  • Syifa Siti Aulia Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4853

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi sekolah yang peserta didiknya berasal dari berbagai daerah dengan berbagai keanekaragaman suku, budaya, bahasa, dan adat istiadat, bahkan ada peserta didik yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia dan Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan karakter kebhinekaan peserta didik melalui budaya sekolah di SMP MBS Prambanan Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Budaya sekolah di SMP MBS Prambanan Yogyakarta yang berkaitan dengan kebhinekaan global yaitu budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun), penggunaan bahasa indonesia dalam berinterkasi dan berkomunikasi, Rolling tempat duduk yang rutin dilakukan setiap hari. (2) Penguatan karakter kebhinekaan global pada aspek mengenal dan menghargai budaya di SMP MBS Prambanan Yogyakarta dilakukan melalui seminar kebudayaan, Program International Sister School, Program unggulan Amal Bakti Santri (ABAS), perlombaan budaya, melalui projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, melalui pelajaran PPKn. (3) Penguatan karakter kebhinekaan global pada aspek komunikasi interkultural peserta didik dalam berinteraksi di SMP MBS Prambanan Yogyakarta dilakukan dengan penyamaan penggunaan bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa arab dalam berinteraksi dan berkomunikasi. (4) Karakter kebhinekaan global pada aspek refleksi dan tanggung jawab peserta didik terhadap pengalaman implementasi karakter kebhinekaan global dilakukan melalui pengimplementasian kurikulum merdeka, acara ramah tamah forum disksui, dengan adanya ujian bahasa, adanya penugasan dari IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) dalam bidang bahasa sebagai pengawas.

Kata Kunci: Penguatan Karakter, Kebhinekaan Global, Budaya Sekolah

References

DAFTAR PUSTAKA

Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Tadbir Muwahid, 5(1), 91. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.

Nisa’, Z. (2022). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo.

Permendikbud. (2020). Profil Pelajar Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Ristanti, D. H. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 30 dan SMPIT Ash-Shiddiq Jakarta Utara).

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Setyorini, I. (2021). Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, Vol. 8 No.

Sufanti, M., Dewi Purwati, P., & Cahyati, J. N. (2021). Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 Sebagai Bahan Edukasi Karakter Kebhinekaan Global. Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-43.

Suhadisiwi, I. (2018). Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PKK) Berbasis Budaya Sekolah. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA).

Widiyanti, A., Ernawati, T., Hasanah, U., Puspita Dewi, N., Dwiyanti, L., & Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, P. (2022). “Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indonesia yang unggul dan Tangguh” Profil Mahasiswa Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global di Era 4.0.

Downloads

Published

2023-05-20

Issue

Section

Articles