Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadapt Karakter Pribadi Siswa di Kota Pangkalpinang

Authors

  • Muhamad Hijran Universitas Bangka Belitung
  • Padlun Fauzi Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i1.4954

Abstract

Abstrak

Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadap Karakter Pribadi Siswa di Kota Pangkalpinang bertujuan untuk mempelajari pengaruh nilai-nilai Pancasila terhadap perkembangan karakter pribadi siswa di wilayah tersebut. Dalam konteks pendidikan, karakter pribadi memiliki peranan penting dalam membentuk individu yang memiliki integritas, etika, tanggung jawab, serta rasa nasionalisme yang kuat. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki relevansi yang tinggi dalam mengkaji profil pelajar Pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian pustaka, juga dikenal sebagai library research. Metode ini melibatkan membaca, menelaah, dan mencatat berbagai literatur atau bahan bacaan yang relevan dengan topik penelitian yang sedang dikaji. Hasil penelitian mengemukakan bahwa dengan pemahaman yang lebih baik tentang profil pelajar Pancasila diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk generasi yang memiliki karakter pribadi yang kuat dan mencintai bangsa.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Karakter Pribadi, Siswa

 

Abstract

The Pancasila Student Profile Project on the Personal Character of Students in Pangkalpinang City aims to study the influence of Pancasila values ​​on the development of the personal character of students in the region. In the context of education, personal character has an important role in forming individuals who have integrity, ethics, responsibility, and a strong sense of nationalism. Therefore, this research has high relevance in studying the profile of Pancasila students and its implications for students' personal resilience. The research method used in this study is library research, also known as library research. This method involves reading, studying, and recording various literature or reading materials that are relevant to the research topic being studied. The results of the study suggest that with a better understanding of the profile of Pancasila students it is hoped that it can improve the quality of education and form a generation that has strong personal character and loves the nation.

Keywords: Pancasila Student Profile, Personal Character, Student

References

DAFTAR PUSTAKA

Agus Cahyono, E., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur Review; Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12. Retrieved from https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43

Bettany-Saltikov, J. (2012).How to do a systematic literature review in nursing: a step-by-step guide. McGraw-Hill Education (UK).

Burman, E. (2019). Child as method: Implications for decolonising educational research. International Studiesin Sociology of Education, 28(1), 4–26.

Eko, B. S., & Putranto, H. (2019). The role of intercultural competence and local wisdom in building Intercultural and inter-religious tolerance. Journal of Intercultural Communication Research, 48(4), 341–369.

Fahrozy, F. P. N., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093–3101

Hadiyanto, H. (2015). Integrasi Pendidikan Karakter Di Smp Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 87. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i2.5834

Hadiyanto, H. (2016). Building Characters through the School Climate Improvement. In Proceeding International Seminar on Education (ISE) 2nd, 2016 (pp. 761–767). http://repository.unp.ac.id/11612/1/building characters through 1.pdf

Hadiyanto, H., & Syahril, S. (2018). Perbaikan Iklim Kelas untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 1–8

Hijran, Muhamad; Oktariani, Dini. Peran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dalam Pengembangan Sistem Ekonomi Kerakyatan Saat Pandemi Covid-19 Menurut Undang-Undang 1945. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, [S.L.], V. 8, N. 2, P. 95-101, Nov. 2021. Issn 2620-8504.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisl, 2(1), 76–84

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). “Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 19(1), 59–68

Kahfi, A. (2022). “Implementation of Pancasila Student Profile and amplications For Student Character at School” Dirasah:Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), pp. 138–151

Kementerian Pendidikan Nasional. (2019). Desain Induk Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan Nasional.

Lickona, T. (1992). Educating For Character; How Our School Can Teach Respect and Responsibiliy. Bantam Books

Maharani, L. A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Menumbuhkuatkan Pengetahuan Mengenai Nilai- Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9387–9389

McGrath, R. E., Han, H., Brown, M., & Meindl, P. (2021b). What does character education mean to character education experts? A prototype analysis of expert opinions. Journal of Moral Education, 1–19. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1862073

Mustika, I. (2013). Mentradisikan Kesantunan Berbahasa: Upaya Membentuk Generasi Bangsa Yang Berkarakter. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(No. 1), 1–11.

Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22460/Semantik.V2i1.P1%20-%2011

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429

Novera, E., Daharnis, D., Yeni, E., & Ahmad, F. (2021). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Nurohmah, W., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Nilai -Nilai Pancasila Di Era Globalisasi.Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1045-1049

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rowley, J., & Slack, F. (2004). Conducting a literature review.Management research news.

Shoshani, A. (2019). Young children’s character strengths and emotional well-being: Development of the Character Strengths Inventory for Early Childhood (CSI-EC). The Journal of Positive Psychology, 14(1), 86–102.

Soraya, S. Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa. Sajiem (Southeast Asian Journal Of Islamic Education), 1(1), 74–81.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Walker, L. J. (2020). The character of character: The 2019 Kohlberg Memorial Lecture. Journal of Moral Education, 49(4), 381–395. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1698415

Winata, K. A., Sahudi, & Hasanah, A. (2020). Landasan Teori Pendidikan Karakter Disekolah (Tinjauan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi. Jurnal Al Amar, 1(3)

Downloads

Published

2023-06-10

Issue

Section

Articles