Penerapan Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 6 Semarang

Authors

  • Priyo Setiawan. S.Pd Universitas PGRI Semarang
  • Dr. Titik Haryati.M.Si Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6179

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilalatarbelakangi atas dasar pengoptimalan kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan ilmu teknologi. Kegiatan pembelajaran yang disoroti ada pada mata pelajaran PPKN. Selama ini mata pelajaran PPKN dalam dunia pendidikan di Indonesia terkesan membosankan bahkan siswa seringkali pasif selama pembelajaran berlangsung. Guru harus bisa memberikan inovasi-inovasi dan modifikasi pada cara mengajar sehingga menyenangkan bagi siswa dan terjadi sinergi antara guru dengan siswa di kelas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melaui inovasi media yang update dan inovatif apalagi di era Gen-Z ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan lagkah-langkah yang baik dalam menerapkan media wordwall untuk menciptakan pembelajaran interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu juga untuk mengintegrasikan ilmu teknologi pada mata pelajaran PPKN. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Semarang yang berjumlah 32 anak. Metodologi yang digunakan menggunakan skala likert. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan wordwall pada pembelajaran PPKN lebih menyenangkan dan lebih menarik serta dapat menstimulasi perkembangan kognitif siswa dan siswa memberikan respon baik terhadap penerapannya dalam pembelajaran PPKN.

Kata Kunci: Guru, interaktif, PPKN, siswa, wordwall

References

DAFTAR PUSTAKA

Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Social Science Research, 3, 9593–9607.

Dr. Jaka Warsihna, M. S., & Zulmi Ramdani, S.Psi, M. A. (2021). pendidikan untuk generasi z (refleksi dan inspirasi penerapan TIK untuk pendidikan).

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Edukasi Dan Sains.

Miftah, M., & Lamasitudju, C. A. (2022). Penerapan Qugamee (Quiz dan Game Edukasi) Interaktif pada Pembelajaran IPA-Fisika Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Menggunakan Wordwall. Jurnal Kreatif Online (JKO), 10(1), 75–84. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko

Nindy Puji Nabilah. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. 4(2), 1454–1464.

Panjaitan, S., Sitepu, C., & Pintubatu, S. G. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 3 Barusjahe T . A 2023 / 2024. Journal of Social Science Research, 3, 7088–7101.

Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SD Bakung III. Jurnal Sosialisasi, 76–86.

Sari, A. N., Nurul, W., Nasution, A., Kurniati, S., & Asahan, U. (2024). Mengoptimalkan pembelajaran interaktif dengan media wordwall pada mata pelajaran bahasa indonesia. 9(1).

Tunissa, I. F., Salamah, S. (2022). Pemanfaatan Gamasis (Games Anak Islami) Dengan Website Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Meneladani Kepemimpinan Umar Bin Khattab Di Kelas 6 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 183–192.

Undang-undang RI. NO. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles