IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI TK ABA JETIS IV
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk1) mengetahui program gerakan literasi sekolah TK ABA Jetis IV. 2) mengetahui kemampuan berbahasa anak usia dini di TK ABA Jetis IV. 3) mengimplementasikan program literasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di TK ABA Jetis IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK ABA Jetis IV. Waktu penelitian pada bulan November – Januari 2023. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Kesimpulan dalam penelitian ini 1) Program gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan di TK ABA Jetis IV dilaksanakan melalui a) terintegrasi dalam pembelajaran dan dikemas dalam kegiatan belajar bermain yang bermakna; b) dilakukan melalu pembiasaan yang dilakukan oleh guru dan warga sekolah lainnya. 2) Kemampuan berbahasa anak di TK ABA Jetis IV ditunjukkan dengan anak mampu mengucapkan kata dengan tepat, anak mampu menyusun kalimat sederhana dan anak mampu mengekspresikan bahasa dan mampu berkomunikasi lisan dengan baik. 3) Implementasi program literasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak di TK ABA Jetis IV dilakukan dengan pembelajaran di kelas, budaya sekolah (pembiasaan) dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang mendukung program literasi.
Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini