..:: MENU UTAMA ::.. |
Tim Editorial |
Reviewers |
Focus and Scope |
Publication Ethics |
Peer Review Process |
Journal Contact |
Open Access Policy |
Tamplate |
Article Processing Charge |
Copyright Notice |
JUDUL DITULIS DENGAN
[FONT TIMES NEW ROMAN 12 CETAK TEBAL]
Â
TITLE (ENGLISH VERSION), WRITTEN USING TIMES NEW ROMAN (TNR-14)Â BOLD, 12 WORDS MAXIMUM
Â
Nama Lengkap Tanpa Gelar1a, Nama Lengkap Tanpa gelar1
Â
1Afiliasi/Institusi (Prodi, Fakultas),
Institusi, Alamat Institusi
aKorespondensi: Nama Penulis Korespondensi, Telp/Hp: ………., E-mail: ……..
Â
ABSTRACT (TNR-14 BOLD)
Abstract english version, written using Times New Roman-11 and consist of 150-250 words. Abstract contain research aim/purpose, method, and reseach results; written in 1 paragraph, single space among rows, and using past tense sentences.
Keywords: that it’s important, spesific, or representative for the article, consists of 3-6 words.
Â
ABSTRAK (TNR-14 CETAK TEBAL)
Abstrak berbahasa Indonesia ditulis dalam satu paragraph dan terdiri dari 150-250 kata, menggunakan Times New Roman-11, satu spasi. Abstrak terdiri dari  pendahuluan yang memuat tujuan; metode; hasil dan pembahasan; kesimpulan dan implikasi.
Kata kunci: Â penting, spesifik, atau representatif bagi artikel ini, terdiri dari 3-6 kata.
Â
Â
Â
PENDAHULUAN
Pendahuluan berisi latar belakang serta harus menjelaskan isu-isu mutakhir yang mengarah pada pentingnya penelitian yang dilakukan. Referensi (pustaka atau penelitian relevan) perlu juga dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih.
Permasalahan, tujuan penelitian, dan referensi ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf, tidak perlu diberi subjudul khusus. (TNR-12, spasi: 1,5).
Â
Â
METODE
Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkaitan dengan cara penelitiannya. Metode dan analisis statistik harus dijelaskan secara terperinci pada bagian ini sehingga memungkinkan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian sejenis. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Sub-sub judul tidak perlu diberi notasi, namun dituliskan dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, Times New Roman bold, serta rata kiri.
Jenis Penelitian
Jenis penelitian terkait dengan jenis penelitian yang digunakan, diuraikan sesuai dengan teori yang digunakan dari beberapa ahli (TNR-12, spasi:1,5)
Waktu dan Tempat Penelitian
Khususnya untuk penelitian kualitatif, waktu dan tempat penelitian perlu dituliskan secara jelas (untuk penelitian kuantitatif, juga perlu).
Target/Subjek Penelitian
Target/subjek penelitian (untuk penelitian kualitatif) atau populasi-sampel (untuk penelitian kuantitatif) perlu diuraikan dengan jelas dalam bagian ini. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Perlu juga dituliskan teknik memperoleh subjek (penelitian kualitatif) dan atau teknik samplingnya (penelitian kuantitatif).
Â
Â
Prosedur Penelitian
Prosedur perlu dijabarkan menurut tipe penelitiannya. Bagaimana penelitian dilakukan dan data akan diperoleh, perlu diuraikan dalam bagian ini. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Untuk penelitian eksperimental, jenis rancangan (experimental design) yang digunakan sebaiknya dituliskan di bagian ini.
Data, Instrumen, dan Teknik Pengumpulan Data
Macam data, bagaimana data dikumpulkan, dengan instrumen yang mana data dikumpulkan, dan bagaimana teknis pengumpulannya, perlu diuraikan secara jelas dalam bagian ini
Teknik Analisis Data
Bagaimana memaknakan data yang diperoleh, kaitannya dengan permasalahan dan tujuan penelitian, perlu dijabarkan dangan jelas.
(Catatan: Sub-subbab bisa berbeda, menurut jenis atau pendekatan penelitian yang digunakan. Jika ada prosedur atau langkah yang sifatnya sekuensial, dapat diberi notasi (angka atau huruf) sesuai posisinya).
Â
hasil penelitian dan pembahasan
Hasil
Hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik, tabel, atau deskriptif. Analisis dan interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas. Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/perolehan penelitian. Judul Tabel ditulis dari kiri, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal (at least 12). Sebagai contoh, dapat dilihat Tabel 1. berikut.
Tabel 1 Skor Kemampuan Siswa Melakukan ..... pada Pembelajaran ........
No. | Aspek Penilaian | Skor |
1. | Kognitif | 75 |
2. | Afektif | 80 |
3. | Psikomotorik | 80 |
Â
Â
Â
Â
Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar/skema/grafik/diagram/sejenisnya, pema- parannya juga mengikuti aturan yang ada; judul atau nama gambar diletakkan di bawah gambar, dari kiri, dan diberi jarak 1 spasi (at least 12) dari gambar. Bila lebih dari 1 baris, antar baris diberi spasi tunggal, atau at least 12. Sebagai contoh, dapat dilihat pada Gambar 1 berikut.
Â
Â
Gambar 1 Tingkat Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Diskusi.....
Pembahasan
Pembahasan difokuskan pada mengkaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoritis yang lebih luas. Dapat juga merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta dari data tersebut. Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas. Pembahasan diusahakan tidak terpisah dengan data yang dibahas,
Â
KEsimpulan dan IMPLIKASI
Kesimpulan
Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya.
Implikasi
Saran dapat berupa masukan bagi peneliti berikutnya, dapat pula rekomendasi implikatif dari temuan penelitian.
DAFTAR PUSTAKA [TIMES NEW ROMAN 12 BOLD, CENTRE]
Ditulis dalam spasi tunggal (atau at least 12pt), antar daftar pustaka diberi jarak 1 spasi. Sebagian contoh cara penulisan referensi/acuan di dalam Daftar Pustaka, diberikan berikut.
a. Contoh jika berasal dari buku teks:
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (2014). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
b. Dari buku teks yang dirangkum oleh editor
Effendi, Sofian. (2015). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
c. Dari buku terjemahan
Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta: Gramedia.
d. Dari skripsi/tesis/desertasi
Suyanto, Slamet (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
e. Dari jurnal:
Marijo, AM (2016). Pengenalan lingkungan melalui pembelajaran contekstual berbasis kearifan lokal pada siswa SDN 1 Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar,, Vol.26 No. 1, hlm. 14-17.
f. Dari kumpulan abstrak penelitian atau proceeding:
Paidi. (2008). Urgensi pengembangan kemam-puan pemecahan masalah dan metakog-nitif siswa SMA melalui pembelajaran biologi. Prosiding, Seminar dan Musyawarah Nasional MIPA yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY, tanggal 30 Mei 2008. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
g. Dari internet
White, H. (2007). Problem-based learning in introductory science across disciplines. Diakses tanggal 27 Maret 2007 dari http://www.udel.edu/chem/white/finalrpt.html.e-ISSN