EKSPLORASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SBdP BERBASIS KEARIFAN LOKAL SENI TARI GUNA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SDN NGABEAN PONJONG

Ganis Nurma Febriarti

Abstract


ABSTRAK

Seni tari dilaksanakan dalam pembelajaran di sekolah dasar bertujuan untuk membekali siswa dengan pengalaman estetik berupa kegiatan berekspresi dan berapresiasi tari. Pembelajaran seni tari rutin dilaksanakan di SDN Ngabean Ponjong sebagai program kegiatan pembelajaran yang telah terprogram oleh sekolah.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi pelaksanaan pembelajaran seni tari dan mendeskripsi pengeksplorasian teknologi digital dalam pelaksanaan pembelajaran seni tari di SDN Ngabean Ponjong yang semoga bisa menjadi rekomendasi di masa mendatang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan, yaitu kepala sekolah, guru seni tari, guru kelas, dan siswa. Data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi, hasil observasi, dan teori yang mendukung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni tari di SDN Ngabean Ponjong terdiri dari dua kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran ekstrakurikuler. Pembelajaran intrakurikuler dilaksanakan di dalam kelas oleh guru kelas yang berpedoman pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu Kurikulum 2013. Pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan di jam khusus yaitu pada siang hari tiap satu minggu sekali yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik di bidang seni tari. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan pokok pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi) dilaksanakan guru dengan masih ada ketidaktertiban. Serta guru belum maksimal dalam memanfaatkan teknologi digital pada pembelajaran seni tari.

Kata kunci : Teknologi Digital, Media, Seni Tari, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, D. (2016). Perkembangan Seni Tari: Pendidikan dan Masyarakat. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 287- 293. Universitas Bengkulu. Tersedia online di https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/download/3161/1607 (diakses pada 14 Desember 2018)

Arisyanto, dkk. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 3(1), 1-13. Universitas PGRI Semarang. Tersedia online di http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/ download/4062/2872 (diakses pada 15 Desember 2018)

Ayu, R. D. & Malarsih. (2013). Pembelajaran Seni Tari Di Smp Negeri 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Seni Tari, 2(2), 1-14. Universitas Negeri Semarang. Tersedia online di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/ article/view/9619/6126 (diakses pada 6 Desedmber 2018)

Destrinelli. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Tari untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Analisis Terhadap Kemampuan Praktek Menari Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 42-58. Universitas Batanghari Jambi. Tersedia online di https://media.neliti.com/media/publications/225487. (diakses pada 19 Desember 2018)

Juniasih, I. (2015). Peningkatan Kreativitas Gerak Melalui Kegiatan Tari Pendidikan Berbasis Cerita (TARITA). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 319-342. Universitas Negeri Jakarta. Tersedia online di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/download/3508/2514/. (diakses pada 30 Desember 2018)

Kristiati, Y. (2015). Faktor-Faktor Penghambat dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 1 Patuk Gunungkidul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7-16. Universitas Negeri Semarang. Tersedia online di https://www.researchgate.net/publication/307830514 (diakses pada 11 Desember 2018)

Kuswarsatyo. (2012). Pelajaran Tari : Image dan Kontribusinya terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal JOGED Seni Tari, 3(1), 17 – 23. Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia online di http://journal.isi.ac.id/ index.php/joged/article/download/2/2. (diakses pada 22 Desember 2018) Lestari & Sukanti. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum (Di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71-96. STAINU. Tersedia online di http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/ jurnalPenelitian/article/download/1367/1245. (diakses pada 2 Januari 2019)

Miles, M. A. (1994). Miles and Huberman (1994)- Chapter 4.pdf. In Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.

Moedjiono, Hasibuan. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Nurseto, G., Lestari, W., & Hartono, H. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharis Journal of Arts Education, 4(2), 115-122. Universitas Negeri Semarang. Tersedia online di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/10285/6598. (diakses pada 22 Desember 2018)

_______________, https://handpage.blogspot.com/p/pengertian-facebook.html

_______________, https://www.musdeoranje.net/2016/08/apa-itu-instagram-apa-itu-ig-ini-pengertian-instagram.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.