PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU FLANEL PINTAR (BUFLAPIN)

Leni Pratiwi Anggraini, Sunarti Sunarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran BUFLAPIN (Buku Flanel Pintar). Secara rinci bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran BUFLAPIN, (2) mengetahui kelayakan media pembeajaran diliat dari hasil penilaan ahli media, ahli materi. (3) mengetahui daya tarik media pembelajaran dilihat dari hasil respon guru, dan respon siswa. (4) mengetahui apakah media efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa materi pembelajaran tema 1 diriku subtema 1 aku dan teman baru. Hasil penelitian pengembangan meliputi (1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Buku Flanel Pintar (BUFLAPIN) materi pembelajaran tematik tema 1 diriku sub tema 1 aku dan teman baru. (2) Produk media pembelajaran dinyatakan layak. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli media dengan mendapatkan rata-rata skor 4,55 dengan kriteria sangat baik. Penilaian ahli materi dengan mendapatkan rata-rata skor 4,2 dengan kriteria baik. (3) Produk media pembelajaran dinyatakan memiliki daya tarik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian respon guru dengan mendapatkan rata-rata skor 100% dengan kriteria sangat baik. Penilaian respon siswa dengan mendapatkan rata-rata skor 95% dengan kriteria sangat baik. (4) Produk media efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I pembelajaran tematik kelas 1 tema 1 diriku subtema 1 aku dan teman baru. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji paired t-test terhadap nilai pretest dan postest yaitu dengan nilai signifikan 0,000<0,05yang artinya terdapat perbedaan antara pretest dan postest. Nilai rata-rata postest yaitu 87,56 dan nilai rata-rata pretest 70,22 maka nilai postest lebih baik dari nilai pretest.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa'dun, dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013. ProsedrPenelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: Kharisma Putra Utana Offset.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Rev. Ed, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Media Pemhelajaran. Bandung: IT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan ompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajarun Membantu Meningkutkan Mutu Pembelajaran Sestai Standar Nasiomal. Yogyakarta: Teras.

Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Inegratif di Sekolah dasar. Jurnal Terampil. Bandar Lampung: e-Jurnal IAIN Raden Intan Lampung.

Kemendikbud. 2013. Model pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Kemdntrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013 . Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan . Bandung: Penerbit Alfabeta.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pemhelajaran interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tinekut Pendidikan Dusar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sunarti, & Ramawati, S. 2014. Penelitian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Andi Offset.

Syah, Muhibbin. 2013 . Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PI Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta. Prenadamedia Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.