PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Yunavaka Salsabila, Sunarti Sunarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana secara bersama sama terhadap kelas V SD Negeri se-Gugus Jatayu, Cluwak, Pati, Jawa Tengah Tahun 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri se-Gugus Jatayu, Cluwak, Pati, Jawa Tengah kelas V tahun 2019/2020. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel bertujuan atau purposive sample. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis sederhana dan analisis regresi berganda, yang sebelumnya dilakukan uji statistik deskriptif dan uji prasyarat, meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoloniearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-gugus Jatayu, Cluwak, Pati, Jawa Tengah Tahun 2019/2020 dengan nilai Sig.(1-tailed) yaitu 0,000 < 0,050 dan koefisien regresi (r) = (0,421). (2) Ada pengaruh positif dan signifikan sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Jatayu, Cluwak, Pati, Jawa Tengah Tahun 2019/2020 dengan nilai Sig.(1-tailed) yaitu 0,000 < 0,050 dan koefisien regresi (r) = (0,415). (3) Ada pengaruh motivasi belajar dan sarana prasarana secara bersama-sama dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Jatayu, Cluwak, Pati, Jawa Tengah Tahun 2019/2020 dengan nilai Sig. (1-tailed) yaitu 0,000 < 0,050 dan koefisien regresi (r) = 0,500.

Full Text:

PDF

References


Darmaji, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengejar (Landasan dan Konsep Implementasi). Bandung: Alfabeta.

Kadir, Abdul, dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

__________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

__________. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research And Developmet. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.