MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS II SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bebicara Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas II SD Negeri Pendem tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas II sebanyak 11 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan presentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan media gambar berseri pada pembelajaran tematik kelas II SD Negeri Pendem dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa, dari data nilai pada prasiklus siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 4 siswa atau 36,36%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah criteria ketuntasan minimal sebanyak 7 siswa atau 63,63%. Pada siklus I nilai tes evaluasi siswa yang telah mencapai criteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 9 siswa atau 81,81%, Sedangkan pada siklus II seluruh siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dimana, siswa yang telah mencapai ketuntasan nilai sebanyak 11 siswa dengan nilai rata-rata 97,34.References
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Budiyanto. 2009. Bahasa Indonesia Menjawab Tantangan. Jawa Tengah: Balai Bahasa Jawa Tengah.
Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas Dikti.
Henry Guntur, Tarigan. 2008. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
3397.34050100150Pra SiklusSiklus ISiklus II
Mulyati, Yeti. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Ngalimun dan Noor Alfulaila. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurgiyanto, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.
Rahayu, Minto. 2009. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Gramedia Widiasrana Indonesia.
Retno, Winarni. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Salatiga: Widyasari.
Sadiman, A. S dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tizen, Ella Farida. 2008. Gambar Berseri Sebagai Media Pembelajaran [online]. Tersedia: http://suaraguru.wordpress.com/2015/03/gambar-berseri.html [27 Juli 2018].
Ulfa, Riana. 2014. Pemanfaatan Media Gambar Berseri Guna Meningkatkan Kemampuan Menulis. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Yan Candra Putra, D. P. 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Jigsaw pada Siswa Kelas V SD N II Donorejo, Kaligesing, Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.