PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA AUTHORWARE

Authors

  • Ilham Widi Anto Universitas PGRI Yogyakarta
  • Sunarti Sunarti Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Authoware; 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Authoware; 3) mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Authoware pada kelas V SD Negeri Banjaranyar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development). Subjek penelitian yang diikutsertakan yaitu siswa kelas VA dan VB SD Negeri Banjaranyar sebanyak 59 siswa. Prosedur penelitian ini meliputi; (1) penelitian dan pengembangan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara dan tes. Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, angket wawancara respon guru, angket validasi ahli materi dan media, angket respon siswa, soal pretes dan posttest. Teknik analisis data menggunakan statistic inferensial yaitu uji T- test. Hasil penelitian pengembangan ini adalah 1) Cara mengembangkan media diantaranya yaitu: (a) pengumpulan informasi, (b) perencanaan (c) mengembangkan produk awal, (d) pengujian lapangan awal, (e) revisi produk utama, (f) pengujian lapangan utama, (g) penyempurnaan hasil produk lapangan. 2). Media dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran karena telah melewati uji validasi tim ahli materi dengan nilai 86 dengan kualifikasi sangat baik, tim ahli media memperoleh nilai 96 dengan kualifikasi sangat baik, respon guru memperoleh presentase 80% dengan kategori baik dan respon siswa memperoleh presentase 87% dengan kualifikasi sangat baik. 3) Media macroma dikatakan efektif karena dilihat dari nilai pretes dan postes pada kelas eksperiment dan kontrol diuji menggunakan Independent sample T –test. Diperoleh nilai signifikasi hasil uji efektifitas antara kelas VA dengan VB melalui uji independent sample t tes dapat ditunjukkan dengan hasil nilai signifikansi posttest 0.007 < 0,05 yang dapat menunjukan bahwa terdapat perbedaan (efektifitas) antara kelas yang menggunakan media Macroma dengan kelas yang tidak menggunakan media.

References

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: Bentang Pustaka

Hamalik, O. (2008 ). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Helmawati. 2014. Jenis Prestasi Anak. Surabaya : Gava Media

Marita, Ana. 2010. Multimedia Interaktif. Bandung : Era Intermedia

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarti dan Rahmawati S. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta : CV. ANDY OFFSET

Suprapto dkk. 2012. Model-model dan Media Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka

Sutirman. 2014. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional

Utomo Dananjaya. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wahana, Komputer. 2009. Mengenal Macromedia Authoware. Bandung : Gema Insani.

Warsita, 2008. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz media

Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yudhi Munadi (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: REFERENSI.

Downloads

Published

2020-12-01