PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN BONEKA TANGAN

Nurul Hidayah, Sunarti Sunarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas II A Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah Gandekan Guwosari Pajangan Bantul melalui pendekatan SAVI dengan boneka tangan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah Gandekan Guwosari Pajangan Bantul pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara keseluruhan penelitian melalui pendekatan SAVI dengan boneka tangan dapat meningkatkan aktifitas siswa dan keterampilan bercerita siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II A Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah Gandekan. Hasil akitivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 dengan jumlah 255 dengan rata-rata 12,1 dan dengan kriteria cukup sedangkan pertemuan ke-2 dengan jumlah 317 dengan rata-rata 15,1 dan dengan kriteria baik. Pada siklus II pertemuan ke-1 dengan jumlah 363 dengan rata-rata 17,3 dan dengan kriteria baik sedangkan pertemuan ke-2 dengan jumlah 397 dengan rata-rata 18,9 dan dengan kriteria baik. Sedangkan hasil keterampilan bercerita siswa pada siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata 67,1 dan ketuntasan klasikal 24% dengan kriteria tidak tuntas dan pertemuan ke-2 dengan rata-rata 68,8 dan ketuntasan klasikal 31% dengan kriteria tidak tuntas sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 dengan dengan rata-rata 69,3 dan ketuntasan klasikal 47% dengan kriteria tidak tuntas dan pertemuan ke-2 dengan rata-rata 75,2 dan ketuntasan klasikal 79% dengan kriteria tuntas. Kriteria keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah minimal 75% siswa sebagai subjek penelitian dapat terampil dalam bercerita dengan nilai 70 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Meier, Dave. 2003. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Mulyati, Yeti. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saddhono Kundharu dan Slamet, St.Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV Karya Putra Darwati

Santosa, Puji. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sri Anitah dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.