PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN BAHAN AJAR MEMBACA MENULIS PERMULAAN KELAS I TEMA DIRIKU SUB TEMA TUBUHKU SD MUHAMMADIYAH KARANGTURI BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui cara mengembangkan buku suplemen bahan ajar
membaca menulis permulaan (2) mengetahui kelayakan buku suplemen bahan ajar membaca menulis
permulaan kelas 1 di SD Muhammadiyah Karangturi ditinjau dari ahli materi dan ahli media.(3)
mengetahui daya tarik siswa buku suplemen bahan ajar membaca menulis permulaan di SD
Muhammadiyah Karangturi ditinjau dari respon guru dan respon siswa. (4) mengetahui efektifitas
buku suplemen bahan ajar membaca menulis permulaan di SD Muhammadiyah Karangturi ditinjau
dari pretest dan posttest.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1)peneliti telah menghasilkan produk suplemen bahan
ajar membaca menulis permulaan yang sesuai dengan langkah-langkah pengembangan. (2) Hasil dari
ahli materi berkriteria baik dengan skor nilai, skor 57 berada pada interval 47-60. Ahli media total
skor 56 dengan interval 53-63 berkriteria sangat baik.(3) Hasil angket respon siswa saat uji coba
produk diperoleh presentase 100% memiliki keriteria sangat baik dan saat uji coba pemakaian
diperoleh presentase 92,20% memiliki keriteria sangat baik.hasil respon guru 66 dengan interval 52-
68 memiliki kriteria baik.(4) Hasil uji postest kelas ekperimen memperoleh nilai lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen 85,42 dan rata-rata kelas
kontrol 64,79. Hal ini dibuktikkan dari uji t yang menghasilkan nilai t hitung 7.892 sedangkan t tabel
dengan DB 46 diketahui nilai kritis t tabel 2.021. berdasarkan data yang disebutkan diatas terbuki
bahwa buku suplemen bahan ajar membaca menulis permulaan efektif digunakan.
References
Cecep Kustandi, Bambang Sutjibto. 2011.
Media Pembelajaran Manual. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Henry Guntur Tarigan, 1976. Membaca Seba
gai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: angkasa bandung.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. htt
p://bahasa. kemdiknas.go.id/kbbi/ind
ex.php. Diakses 22 Juni 2017.
Nuryanti, Lusi. (2008). Psikologi Anak.
Jakarta: PT Indeks
Rena. 2014. Pengaruh Buku Penunjang
Sebagai Sumber Belajar terhadap Moti
vasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pel ajaran Geografidi Madrasah Aliyah
Alkhairaat Tondo Palu
(Online),(http://w ww.downl oad.port
algaruda.org), Diakses 20 Juni 2017.
Savage.1986. Wriing k-7,Teaching Notes,
Australia.Curriculum Branch Education
Department of West Australia.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sunarti dan Selly R. 2014. Penilaian Dalam
Kurikulum 2013 Membantu Guru dan
Calon Guru Mengetah iLangkahlangkah
Penilaian Pembelajaran.
Yogyakarta: ANDI.
Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Suparno dan Yunus, 2008, Keterampilan
Dasar Menulis.Jakarta.Universitas
terbuka.
Syafi’ie, Imam. 1999. Pengajaran Membaca
Terpadu.Malang: IKIP