PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD N MINGGIRAN MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN PELAJAR AN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi dan hambatan orang tua siswa
dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI SD N Minggiran, Mantrijeron, Yogyakarta
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2017 di SD Negeri Minggiran, Mantrijeron,
Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian
ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik model Miles Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu berasal dari guru kelas VI, orang
tua siswa kelas VI, dan siswa kelas VI. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi teknik yaitu
menggunakan berbagai teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat dua bentuk partisipasi
orang tua, yaitu (1) Bentuk partisipasi fisik orang tua siswa kelas VI yaitu penyediaan fasilitas tempat
belajar dan fasilitas alat-alat bantu belajar. (2) Bentuk partisipasi non-fisik yang diberikan oleh orang
tua siswa kelas VI yaitu pemberian bimbingan dan arahan serta pemberian perhatian kepada anak. (3)
Hambatan yang dialami dalam kegiatan partisipasi orang tua yaitu beberapa orang tua siswa sibuk
bekerja, sehingga tidak dapat hadir dalam kegiatan forum paguyuban orang tua siswa kelas VI.
References
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
F.J. Monks, A.M.P Knoers, & Siti Rahayu
Haditono. (2006). Psikologi
Perkembangan: Pengantar Dalam
Berbagai Bagiannya. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Fasli Jalal & Dedi Supriadi. (2001). Reformasi
Pendidikan dalam Konteks Otonomi
Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya
Nusa.
Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan
Pengukurannya: Analisis di Bidang
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ingridwati Kurnia, dkk. (2007). Perkembangan
Belajar Peserta Didik. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis
Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi.
Jakarta: PT Grasindo.
Purwa Atmaja Prawira. (2012). Psikologi
Pendidikan dalam Perspektif Baru.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rita Eka Izzati, dkk. (2008). Perkembangan
Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 12
Ronny Kountur. 2007. Metode Penelitian
untuk Menulis Skripsi dan Tesis
engantar Psikologi. Jakarta: Buana
Printing.
Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Press.
Siti Irene Astuti Dwiningrum. (2011).
Desentralisasi dan Partisipasi
Masyarakat dalam Pendidikan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka
Cipta.
Soemiarti Patmonodewo. (2003).Pendidikan
Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
W. S. Winkel. (2012). Psikologi Pengajaran.
Yogyakarta: Penerbit Media Abadi.