PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD N MINGGIRAN MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN PELAJAR AN 2016/2017

Authors

  • Alif Nur Isna Universitas PGRI Yogyakarta
  • Siti Maisaroh Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi dan hambatan orang tua siswa
dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VI SD N Minggiran, Mantrijeron, Yogyakarta
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2017 di SD Negeri Minggiran, Mantrijeron,
Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian
ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik model Miles Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu berasal dari guru kelas VI, orang
tua siswa kelas VI, dan siswa kelas VI. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi teknik yaitu
menggunakan berbagai teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat dua bentuk partisipasi
orang tua, yaitu (1) Bentuk partisipasi fisik orang tua siswa kelas VI yaitu penyediaan fasilitas tempat
belajar dan fasilitas alat-alat bantu belajar. (2) Bentuk partisipasi non-fisik yang diberikan oleh orang
tua siswa kelas VI yaitu pemberian bimbingan dan arahan serta pemberian perhatian kepada anak. (3)
Hambatan yang dialami dalam kegiatan partisipasi orang tua yaitu beberapa orang tua siswa sibuk
bekerja, sehingga tidak dapat hadir dalam kegiatan forum paguyuban orang tua siswa kelas VI.

References

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

F.J. Monks, A.M.P Knoers, & Siti Rahayu

Haditono. (2006). Psikologi

Perkembangan: Pengantar Dalam

Berbagai Bagiannya. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Fasli Jalal & Dedi Supriadi. (2001). Reformasi

Pendidikan dalam Konteks Otonomi

Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya

Nusa.

Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan

Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ingridwati Kurnia, dkk. (2007). Perkembangan

Belajar Peserta Didik. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.

Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis

Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi.

Jakarta: PT Grasindo.

Purwa Atmaja Prawira. (2012). Psikologi

Pendidikan dalam Perspektif Baru.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rita Eka Izzati, dkk. (2008). Perkembangan

Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 12

Ronny Kountur. 2007. Metode Penelitian

untuk Menulis Skripsi dan Tesis

engantar Psikologi. Jakarta: Buana

Printing.

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Press.

Siti Irene Astuti Dwiningrum. (2011).

Desentralisasi dan Partisipasi

Masyarakat dalam Pendidikan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka

Cipta.

Soemiarti Patmonodewo. (2003).Pendidikan

Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

W. S. Winkel. (2012). Psikologi Pengajaran.

Yogyakarta: Penerbit Media Abadi.

Downloads