MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS melalui model
pembelajaran Make A Match pada siswa kelas III di SD N Wirokerten Banguntapan Bantul. Penelitian
ini dilakukan di SD N Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD N
Wirokerten yang berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.
Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan
prestasi belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Analisis data yang diperoleh dengan cara menghitung persentase ketuntasan
belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar dalam
pembelajaran IPS pada siswa kelas III SD N Wirokerten Banguntapan Bantul melalui model
pembelajaran Make A Match. Hal tersebut dapat diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa
pada pra siklus 30,76% dengan kategori Kurang, siklus I persentase ketuntasan belajar 48,72%
dengan kategori Cukup Baik, siklus II persentase ketuntasan belajar 82,05% dengan kategori Sangat
Baik.
References
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran
Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas
dan Penelitian Tindakan Sekolah.
Yogyakarta: Gava Media.
Djumiati. 2010. Model Pembelajaran Make A
Match. Jurnal Kependidikan Dasar
Volume 1 Nomor 2, Februari. Semarang
Miftahul Huda. 2016. Model-model
Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu
Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Moh. Suardi. 2016. Pengantar Pendidikan:
Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks
Permata Puri Media.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran
Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suharsimi Arikunto, Jabar S. 2014. Evaluasi
Program Pendidikan.Jakarta: Bumi
Aksara.
Tasrif. 2008. Pengantar Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Genta
Press.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka