PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE PADA SISWA KELAS III SD TLOGO TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

Authors

  • Dian Faisyal Universitas PGRI Yogyakarta
  • Selly Rahmawati Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Word Square pada mata pelajaran PKn kelas III Sekolah Dasar
Tlogo.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III SD Tlogo yang beralamat di jalan Desa
Tegal Rejo, Tamantirto, Kasihan, Bantul dengan jumlah 31 orang siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki
dan 15 siswa perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari empat tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan,
dan tes. Hasil penelitian dilakukan dengan tes dimana tes tersebut digunakan untuk mengukur
presentase prestasi belajar siswa dan teknik analisis data menggunakan presentase ketuntasan prestasi
belajar siswa.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square
pada mata pelajaran PKn kelas III Sekolah Dasar Tlogo dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan
prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa, dari
data nilai pada pra siklus siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 15
siswa atau 48,38%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal
sebanyak 16 siswa atau 51,61%. Pada siklus I nilai tes evaluasi siswa yang telah mencapai kriteria
ketuntasan minimal yaitu sebanyak 16 siswa atau 51,61%, sedangkan siswa yang mencapai kriteria
ketuntasan minimal sebanyak 15 siswa atau 48,38%. Sedangkan pada siklus II seluruh siswa telah
mencapai kriteria ketuntasan minimal dimana, siswa yang telah mencapai ketuntasan nilai sebanyak
31 siswa atau 100% dari jumlah siswa di kelas.

References

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan

Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Jakarta. PT Kharisma Putr Utama.

Devia Jonelisa, Alben Ambarita, Nelly Astuti.

Model Pembelajaran Inovatif

Tipe Word Square Pada Pembelajaran

Matematika SD. Jurnal Program Studi

Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan

dan Ilmu Pendidikan Universitas

Lampung. (Online).

Eko Putro Widoyoko. 2014. Teknik

Penyusunan Instrumen Penelitian.

Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hamid Darmadi. 2012. Kemampuan Dasar

Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Ragam

Pengembangan Model Pembelajaran

Untuk Peningkatan Profesionalitas

Guru. Bandung: Kata Pena.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif

Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi

Antar Peserta didik. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Mahi M. Hikmat. 2011. Metode Penelitian

dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan

Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mohamad Surya. 2010. Landasan Pendidikan

Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Momon Sudarma. 2014. Profesi Guru Dipuji,

Dikritisi dan Dicaci. Jakarta: PT Raja

Grafind Persada.

Muhamad Erwin. 2013. Pendidikan

Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Bandung: PT Refika Aditama.

Muhammad Faturrohman dan Sulistyorini.

Belajar Pembelajaran

Meningkatkan Mutu pembelajaran

Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta:

AR-RUZZ MEDIA.

Muhammad Faturrohman. 2015. Model-Model

Pemblejaran Inovatif alternatife Desain

Pembelajaran yang Menyenangkan.

Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran.

Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penelitian

dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru

dan Calon Guru Mengetahui LangkahJurnal

PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 43

langkah Penilaian.Yogyakarta: Andi

Offset.

Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi

Belajar dan Kompetensi Guru.

Surabaya: Usaha Nasional.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu

Konsep, Strategi, dan Implementasinya

dalam Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Jakarta. PT Bmi

Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta:

Kementrian Pendidikan Nasional RI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2006 Tentang Standar

Kopetensi dan Kompetensi Dasar. 2006

Jakarta: Kementrian Pendidikan

Nasional RI.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran

Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Wuri Wuryandani dan Faturrohman, 2012.

Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.

Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota

Ikapi

Downloads

Published

2018-04-01