PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE PADA SISWA KELAS III SD TLOGO TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Word Square pada mata pelajaran PKn kelas III Sekolah Dasar
Tlogo.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III SD Tlogo yang beralamat di jalan Desa
Tegal Rejo, Tamantirto, Kasihan, Bantul dengan jumlah 31 orang siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki
dan 15 siswa perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari empat tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan,
dan tes. Hasil penelitian dilakukan dengan tes dimana tes tersebut digunakan untuk mengukur
presentase prestasi belajar siswa dan teknik analisis data menggunakan presentase ketuntasan prestasi
belajar siswa.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square
pada mata pelajaran PKn kelas III Sekolah Dasar Tlogo dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan
prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa, dari
data nilai pada pra siklus siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 15
siswa atau 48,38%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal
sebanyak 16 siswa atau 51,61%. Pada siklus I nilai tes evaluasi siswa yang telah mencapai kriteria
ketuntasan minimal yaitu sebanyak 16 siswa atau 51,61%, sedangkan siswa yang mencapai kriteria
ketuntasan minimal sebanyak 15 siswa atau 48,38%. Sedangkan pada siklus II seluruh siswa telah
mencapai kriteria ketuntasan minimal dimana, siswa yang telah mencapai ketuntasan nilai sebanyak
31 siswa atau 100% dari jumlah siswa di kelas.
References
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan
Pembelajaran Di Sekolah Dasar.
Jakarta. PT Kharisma Putr Utama.
Devia Jonelisa, Alben Ambarita, Nelly Astuti.
Model Pembelajaran Inovatif
Tipe Word Square Pada Pembelajaran
Matematika SD. Jurnal Program Studi
Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas
Lampung. (Online).
Eko Putro Widoyoko. 2014. Teknik
Penyusunan Instrumen Penelitian.
Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Hamid Darmadi. 2012. Kemampuan Dasar
Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Ragam
Pengembangan Model Pembelajaran
Untuk Peningkatan Profesionalitas
Guru. Bandung: Kata Pena.
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif
Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi
Antar Peserta didik. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Mahi M. Hikmat. 2011. Metode Penelitian
dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan
Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mohamad Surya. 2010. Landasan Pendidikan
Menjadi Guru yang Baik. Bogor: Ghalia
Indonesia.
Momon Sudarma. 2014. Profesi Guru Dipuji,
Dikritisi dan Dicaci. Jakarta: PT Raja
Grafind Persada.
Muhamad Erwin. 2013. Pendidikan
Kewarganegaraan Republik Indonesia.
Bandung: PT Refika Aditama.
Muhammad Faturrohman dan Sulistyorini.
Belajar Pembelajaran
Meningkatkan Mutu pembelajaran
Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta:
AR-RUZZ MEDIA.
Muhammad Faturrohman. 2015. Model-Model
Pemblejaran Inovatif alternatife Desain
Pembelajaran yang Menyenangkan.
Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran.
Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penelitian
dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru
dan Calon Guru Mengetahui LangkahJurnal
PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 43
langkah Penilaian.Yogyakarta: Andi
Offset.
Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi
Belajar dan Kompetensi Guru.
Surabaya: Usaha Nasional.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu
Konsep, Strategi, dan Implementasinya
dalam Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Jakarta. PT Bmi
Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta:
Kementrian Pendidikan Nasional RI.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2006 Tentang Standar
Kopetensi dan Kompetensi Dasar. 2006
Jakarta: Kementrian Pendidikan
Nasional RI.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran
Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Wuri Wuryandani dan Faturrohman, 2012.
Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.
Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota
Ikapi