PERAN BIMBINGAN BELAJARGURU BAGI SISWA KELAS IV YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MI MA’ARIF PETET NGARGOSARI SAMIGALUH KULONPROGO

Authors

  • Fajar Hariyanto Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan guru dalam membimbing
belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, langkah-langkah maupun strategi guru
dalam membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, mengetahui faktor-faktor
penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IV.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas
IV, guru pembantu serta kepala sekolah di MI Ma’arif Petet. Pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan
adalah data collection, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahaan
data menggunakan pengamatan yaitu dengan melakukan pengamatan untuk memenui kreadibilitas
data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triagulasi teknil yaitu menggunakan tiga teknik
pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran bimbingan belajar guru
bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu meneliti penyebab kesulitan belajar
siswa, memperkirakan kemungkinan bantuan, menetapkan cara mengatasi, dan melakukan tindak
lanjut. Langkah yang dilakukan maupun digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar
matematika yaitu menentukan letak kesulitan belajar siswa, pengajaran remidial, memberikan
motivasi, memberikan pengulangan bahan materi berulang-ulang sampai siswa yang mengalami
kesulitan belajar mampu diatasi. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yaitu faktor
intern dan ekstern. Faktor intern yaitu, tingkat kecerdasan siswa rendah, sedangkan faktor ekstern
yaitu lingkungan keluarga tidak begitu memperhatikan kondisi belajar anak.

References

Agoes Soejanto. 1999. Bimbingan Ke arah

Belajar Yang Efektif . Jakarta: Rineka

Cipta.

Dyan R Helmi. 2009.Permainan anak untuk

meningkatkan intelegensi anak. Jakarta :

Visimedia.

Lexy J. Moleong. 2014. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar

dan Bimbingan Terhadap Kesulitan

Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha

Litera

Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 65

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan

Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan

Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Prayitno dan Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar

dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Ratih Zimmer Gandasetiawan.2009.

Mengoptimalkan Iq & Eq Anak melalui

Metode Sensorik. Jakarta : PT BPK

Gunung Mulia.

Slameto,2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

_____________. 2010. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2018-04-01