PERAN SENI TARI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IA DI SD NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakter yang disumbangkan oleh mata
pelajaran seni tari Kurikulum 2013 pada siswa kelas IA semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD
Negeri 1 Keputran A Yogyakarta. (2) mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari Kurikulum 2013
tahun pelajaran 2017/2018 dalam membentuk karakter siswa kelas IA I semester 1 SD Negeri
Keputran AYogyakarta.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran seni
tari Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter siswa kelas IA semester 1 tahun pelajaran 2017/2018
SD Negeri 1 Keputran A Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu seorang guru pengampu mata pelajaran
seni tari kelas IA, 28 siswa kelas IA semester 1 tahun pelajaran 2017/2018, dan seorang kepala
sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi nonpartisipan, wawancara
mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik.
Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) mata pelajaran seni tari Kurikulum 2013
memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter siswa kelas I A semester 1 tahun pelajaran
2017/2018 SD Negeri Keputran A Yogyakarta berupa religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri dan
tanggung jawab.(2) mata pelajaran seni tari Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter siswa kelas
IA semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 melalui materi mengenal unsur-unsur gerak yang
mengintegrasikan pendidikan karakter, secara implisit pada materinya maupun pembiasaanpembiasaan
kegiatan positif.
References
Bagong Kussudiardjo. 1992. Dari Klasik
Hingga Kontemporer. Yogyakarta:
Padepokan Pers.
Dharma Kesuma dkk. 2011. Pendidikan
Karakter: Kajian Teori dan Praktik di
Sekolah. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Moleong, Lexy.J. 2007. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Setyobudi dkk.2007. Seni Budaya untuk SMP
Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Soedarsono. 1972. Djawa dan Bali: Dua Pusat
Perkembangan Drama Tari
Tradisional di Indonesia. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 1979. Pengelolaan
Materiil. Yogyakarta: AP FIP UNY.
Suryadiningrat.1981. Kawruh Joged Mataram.
Yogyakarta: Yayasan Siswa Among
Beksa.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta:
Armas Duta Jaya.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana.