PERAN SENI TARI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IA DI SD NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Henny Fitriana Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakter yang disumbangkan oleh mata
pelajaran seni tari Kurikulum 2013 pada siswa kelas IA semester I tahun pelajaran 2017/2018 SD
Negeri 1 Keputran A Yogyakarta. (2) mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari Kurikulum 2013
tahun pelajaran 2017/2018 dalam membentuk karakter siswa kelas IA I semester 1 SD Negeri
Keputran AYogyakarta.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran seni
tari Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter siswa kelas IA semester 1 tahun pelajaran 2017/2018
SD Negeri 1 Keputran A Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu seorang guru pengampu mata pelajaran
seni tari kelas IA, 28 siswa kelas IA semester 1 tahun pelajaran 2017/2018, dan seorang kepala
sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi nonpartisipan, wawancara
mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik.
Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) mata pelajaran seni tari Kurikulum 2013
memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter siswa kelas I A semester 1 tahun pelajaran
2017/2018 SD Negeri Keputran A Yogyakarta berupa religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri dan
tanggung jawab.(2) mata pelajaran seni tari Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter siswa kelas
IA semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 melalui materi mengenal unsur-unsur gerak yang
mengintegrasikan pendidikan karakter, secara implisit pada materinya maupun pembiasaanpembiasaan
kegiatan positif.

References

Bagong Kussudiardjo. 1992. Dari Klasik

Hingga Kontemporer. Yogyakarta:

Padepokan Pers.

Dharma Kesuma dkk. 2011. Pendidikan

Karakter: Kajian Teori dan Praktik di

Sekolah. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Moleong, Lexy.J. 2007. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Manajemen Pendidikan

Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyobudi dkk.2007. Seni Budaya untuk SMP

Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Soedarsono. 1972. Djawa dan Bali: Dua Pusat

Perkembangan Drama Tari

Tradisional di Indonesia. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 1979. Pengelolaan

Materiil. Yogyakarta: AP FIP UNY.

Suryadiningrat.1981. Kawruh Joged Mataram.

Yogyakarta: Yayasan Siswa Among

Beksa.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta:

Armas Duta Jaya.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads