PENERAPAN MODEL TALKING STICK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD KELAS III SD N 2 JAMBIDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan
menggunakan metode talking stick dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas III SD N 2
Jambidan.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas, model penelitian yang digunakan adalah model
siklus oleh Suharsimi Arikunto, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 2 Jambidan,
berjumlah 24 Siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek penelitian adalah
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tehnik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu
pengetahuan alam kelas III SD N 2 Jambidan meningkat setelah diberikan tindakan pelaksanaan
pembelajaran menggunakan talking stick. Pelaksanaan metode talking stick ini dilakukan di sepertiga
waktu pembelajaran terakhir, sebelum mengambil kesimpulan. Rata-rata motivasi belajar siswa
setelah diberi tindakan pada saat pra siklus 42 %. Setelah diadakan siklus I hasil rata-rata motivasi
belajar siswa meningkat menjadi 58 %. Pada hasil siklus II hasil rata-rata kedisiplinan meningkat
menjadi 83 %.
References
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning.
Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning.
Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati.
Metodologi Pembelajaran Ipa.
Carolyn M. Evertson & Edmund T. Emmer
Manajemen Kelas Untuk Guru
Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan
Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya Offset.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Etin Solihatin & Raharjo. 2007. Cooperatif
Learning. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan
Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Igak Wardhani dan Kuswaya Wihardit. 2007
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.
Universitas Terbuka.
Isjoni. 2012. Memajukan Bangsa Dengan
Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. 2010. Cooperative learning. Bandung:
Pustaka Pelajar.
Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran
Inofatif Kontemporer. Jakarta: Bumi
Aksara.
Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 114
Maritnis Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan
Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Jakarta.
Miftahul Huda. 2014. Cooperative Learning.
Jakarta: Pustaka PelajarMuhammad
Faturrohman & Sulistyorini. 2012. Belajar
Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Ngainun Naim. 2009. Menjadi Guru Inspiratif .
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Robert Edward Slavin. 2005. Cooperative
Learning. Jakarta: Nusa Media.
Sadriman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-
Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo
Persada
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. A. M. 2007. Interaksi Dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi
Mahasatya.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhinya, Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Suciati & Irawan Prasetya. 2001. Teori Belajar
Dan Motivasi. Jakarta: Dirjen Dikti
Depdiknas.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran
Inovatif. Sidoarjo.
Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Syaiful Sagala 2006. Konsep dan Makna
Pembelajaran. Bandung: CV Alfa Beta.
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.