PENERAPAN MODEL TALKING STICK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD KELAS III SD N 2 JAMBIDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Nurhidayat Ahmad Anggriyanto Universitas PGRI Yogyakarta
  • Setyo Eko Atmojo Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan
menggunakan metode talking stick dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas III SD N 2
Jambidan.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas, model penelitian yang digunakan adalah model
siklus oleh Suharsimi Arikunto, Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 2 Jambidan,
berjumlah 24 Siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek penelitian adalah
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tehnik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu
pengetahuan alam kelas III SD N 2 Jambidan meningkat setelah diberikan tindakan pelaksanaan
pembelajaran menggunakan talking stick. Pelaksanaan metode talking stick ini dilakukan di sepertiga
waktu pembelajaran terakhir, sebelum mengambil kesimpulan. Rata-rata motivasi belajar siswa
setelah diberi tindakan pada saat pra siklus 42 %. Setelah diadakan siklus I hasil rata-rata motivasi
belajar siswa meningkat menjadi 58 %. Pada hasil siklus II hasil rata-rata kedisiplinan meningkat
menjadi 83 %.

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning.

Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning.

Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati.

Metodologi Pembelajaran Ipa.

Carolyn M. Evertson & Edmund T. Emmer

Manajemen Kelas Untuk Guru

Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan

Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya Offset.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan

Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Etin Solihatin & Raharjo. 2007. Cooperatif

Learning. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan

Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Igak Wardhani dan Kuswaya Wihardit. 2007

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.

Universitas Terbuka.

Isjoni. 2012. Memajukan Bangsa Dengan

Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isjoni. 2010. Cooperative learning. Bandung:

Pustaka Pelajar.

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran

Inofatif Kontemporer. Jakarta: Bumi

Aksara.

Jurnal PGSD Indonesia, Volume 4, Nomor 1, April 2018 114

Maritnis Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan

Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Jakarta.

Miftahul Huda. 2014. Cooperative Learning.

Jakarta: Pustaka PelajarMuhammad

Faturrohman & Sulistyorini. 2012. Belajar

Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Ngainun Naim. 2009. Menjadi Guru Inspiratif .

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robert Edward Slavin. 2005. Cooperative

Learning. Jakarta: Nusa Media.

Sadriman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-

Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo

Persada

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. A. M. 2007. Interaksi Dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi

Mahasatya.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya, Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Suciati & Irawan Prasetya. 2001. Teori Belajar

Dan Motivasi. Jakarta: Dirjen Dikti

Depdiknas.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran

Inovatif. Sidoarjo.

Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syaiful Sagala 2006. Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: CV Alfa Beta.

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads