Pengaruh Kawruh Pamomong Guru Terhadap Karakter Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Sewon Bantul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kawruh pamomong guru terhadap karakter siswa kelas V SD se-Kecamatan Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode survey. Sampel penelitian berjumlah 297 siswa. Instrumen yang dignakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel kawruh pamomong guru dan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif kawruh pamomong guru terhadap karakter siswa kelas V SD se-Kecamatan Sewon Bantul. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, dengan diperoleh hasil korelasi thitung sebesar 18,523, ttabel sebesar 1,968 pada taraf signifikansi 5% dan Rsquare sebesar 0,538, maka didapatkan hasil thitung 18,523 > ttabel 1,968. Didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 17,349 + 0,557x. koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh kawruh pamomong guru terhadap karakter siswa kelas V SD se-Kecamatan Sewon Bantul yaitu positif. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin baik kawruh pamomong guru maka semakin baik karakter siswa kelas V SD se-Kecamatan Sewon Bantul.References
Ahmadi,Rulam.2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Azzet,Muhaimin.2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dhiniaty Gularso, dkk. (2017). Kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram As One Of the Cultural Capital in Educational Field From Indonesia. International Conference on Education and Science (ICONS 2017)
Dian Eko Wicaksono (2016). Kawruh pamomong KAS (Ki Ageng Suryomentaram): Nilai-nilai Moral untuk Optimalisasi Bonus Demografi. SEMINAR ASEAN. Psychology Forum UMM, 19-20 Februari 2016
Dita Rahayu. (2017). Pemetaan Indeks Kebahagiaan Guru Sekolah Dasar Menurut Konsep dan Pemikiran Ki Ageng Suryomentaram Di Kecamatan Pajangan.
Dinas Kebudayaan DIY. 2017. Ilmu kawruh jiwa suryomentaram (Riwayat, dan Jalan Menuju Bahagia). Yogyakarta
Duwi Prayitno.2014.Pengolah Data Terpraktis.Yogyakarta:Andi
Dwi Siswoyo, dkk.(2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press
Hamdayama,Jumanta.2016. Metodologi Pengajaran.Jakarta:Bumi Aksara
Hasabullah.2015. Kebijakan Pendidikan Dalam Prespektif Teori, Plikasi dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta : PT Grasindo
Koesmera,Doni.2017.Pendidikan Karakter Berbasis Kelas.Yogyakarta:PT Kanisius Yogyakarta
Mudyahardjo, Redja. 2006. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Rajawali Pers
Sumedi (2012).Tahap-tahap Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Ki Ageng Suryomentaram dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak Islam.Jurnal Pendidikan Islam.Vol 1 No 5 ISSN : 2356-3877
Sunarti dan Selly R. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013 Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta : CV. ANDI
Suryomentaram.2002. Falsafah Hidup Bahagia Jalan Menuju Aktualisasi Diri.Jakarta:PTGrasindo
Suryomentaram.2003. Falsafah Hidup Bahagia Jalan Menuju Aktualisasi Diri.Jakarta:PTGrasindo
Sugiarto,Ryan.2015.Psikologi Raos Saintifikasi Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryo mentaram.Sleman: Pustaka Ifada
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD).Bandung:CV Alfabeta
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD).Bandung:CV Alfabeta
Suyadi.2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (DEPDIKBUD), Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka,2002