PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V DI GUGUS II KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa kelas V SD di gugus II Kecamatan Kasihan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan di SD di gugus II Kecamatan Kasihan yang berjumlah 280 siswa, sedangkan jumlah sampel sebanyak 162 siswa dengan teknik pengambilan sampel proposional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya sekolah terhadap karakter siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Kasihan, dengan diperoleh nilai thitung = 12,149 dengan nilai p = 0,000; ttabel = 1,984 dimana thitung > ttabel dan p < 0,05. Sumbangan efektif budaya sekolah mempunyai pengaruh terhadap karakter siswa sebesar 48,0% sedangkan sisanya 52,0% berasal dari faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.References
Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Furkan,Nuril. 2013. Pendidikan karakter melalui BUDAYA SEKOLAH. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Gunawan, heri. 2012. Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: alfabeta
Linton, Ralph. 1945. The Cultural Background of Personality. New York: Appletun Century-Croffs.
Masaong, Abd Kadim & Ansar. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah(Teori, Model, dan Implementasi). Gorontalo: Senta Media
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsul Syamsul. 2016. Pendidikan Karrakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga Sekolah Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Syarkawi. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integrasi Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.