PERANAN PEMBELAJARAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI APROKSIMA DI SD
Abstract
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan persoalan matematika merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran matematika. Umumnya proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional, model tersebut menjadikan peserta didik tidak merasa senang mengikuti pembelajaran. Untuk itu perlu adanya solusi yang lebih baik dalam menunjang pembelajaran. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) menjadi solusi yang lebih baik untuk menunjang pembelajaran  karena memiliki keunggulan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dari setiap peserta didik, sebab peserta didik dapat berdiskusi dan bertukar pengetahuan yang didapat. Maka tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji peranan model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik materi aproksima di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu menggunakan metode studi literatur atau studi kepustakaan dengan sumber yang didapat dari paper, tesis, disertasi, jurnal, majalah, prosiding, maupun dari abstrak hasil penilitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Dengan adanya penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) diharapkan mampu menjadi solusi bagi setiap pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran yang variatif & inovatif, khususnya pada mata pelajaran matematika.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aisa, Siti, dkk. 2021. Studi Literatur: Model-model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan pengabdian ke-III. 315-322.
Anggraini, F. L., & Vera Feryyal. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Keislaman: Islamic Academika, 8(1), 10-21.
Dadri, Chan., dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93.
Dethan, S., & Wiyun, P. T. (2022). Metode Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Program Linear. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 537-551.
Fahrurrozi, dkk. 2022. Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (3), 4325-4336.
Farid, Ifa Fauziyah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Numbered Heads Together. Journal of Elementary Education Research, 1(1), 1-14.
Fatimah, Siti & Syamsudin. 2021. Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4 (1), 38-54.
Fitrianti, Magfira. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal TERJ (Tadulako Educational Research Journal). 1(1).
Isrok’atun & Amelia Rosmala. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakara: Bumi Aksara
Khaesarani, Inayah Rizki & Eka Khairani Hasibuan. 2021. Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15 (3), 37-49.
Kistian, Agus. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas Iv SDN 4 Banda Aceh. Genta Mulia, 9 (02), 71-82
Kusnadi, Dedi & Linda Kusumawati. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 006 Tarakan. Jurnal EDUKASIA. 7(1), 74-82.
Layla. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 50 Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Absis. 1(2), 62-71.
Maulani, Rizkawanti. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Skripsi. Bandung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal PGSD Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.