PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS IV DI SDN BIBIS YOGYAKARTA

Authors

  • Okky maria Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap minat belajar tematik integratif siswa kelas IV di SD Negeri Bibis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yaitu sebanyak 43 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji regressi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,423 dengan nilai Sig sebesar 0,019. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel 1,471 dan nilai Sig lebih kecil dari 0,05. Dengan artinya terdapat pengaruh yang signifikan antar pendekatan saintifik dengan minat belajar tematik integratif siswa kelas IV SDN Bibis. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, dan pembahasan maka kesimpulan pada penlitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara pendekatan pembelajaran saintifik dengan minat belajar tematik integratif siswa kelas IV SD Negeri Bibis tahun ajaran 2021/2022. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikan 0,019 < 0,05.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agusi Sujarwanta. (2015). Mengkondisikan Pembelajaran IPAi dengan Pendekatan Saintifik. Jurnali Nuansa Kependidikani Voli 16 Nomor.1, November 2015.

Andi Prastowo. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Dewi Masithoh. (2018). Teachers’ Scientific Approach Implementation in Inculcating the Students’ Scientific Attitudes. Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe Jurnal Prima Edukasia, 6 (1), 2018, 32-43.

Dimayanti dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Cet. V, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. (2018). Psikologii Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Emah Khuzaemah. (2018). Modeli Pendidikan Literasii dengani Menggunakan Pendekatan Saintifik. Indonesian Language Education and Literature e-ISSN:2502-2261. Vol. 3, No. 2, Juli 2018,

http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/j eill/i

Eva Royani, Heru Purnomo. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Dii Sekolah Inklusii SD Negeri 1 Trirenggoi Tahuni Pelajaran 2020/202. JURNALi PGSD INDONESIAi [JPI]

Volume 7, Nomor 2, Desember 2021 p-ISSN

-1656, e-ISSN 977-2549477.

Firman, Baedhowi, Wiedy Murtini. (2018). The Effectiveness ofi The Scientifici Approach to Improve Studenti Learning Outcomes. IJAL 3 (2) (2018) International Journal ofi Active Learning http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal.

Kemendikbud. (2013). Draft Kurikulumi 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Loeloeki Endah Poerwanti dan Sofan Amri. (2013). Panduan Memahamii Kurikulum 2013. Jakarta: PTi Prestasi Pustakaraya

Muhibbin Syah. (2017). Psikologii Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Patta Bundu. (2016). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sainsi SD. Jakarta: Dirjen Dikti.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republiki Indonesia, nomor 65, tahun 2013, tentang Standar dan Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ririn Asma Watia, Heru Purnomo. (2022). Peran Guru Bimbingan dani Konseling dalam Pembelajaran Gunai Untuk Meningkatkan Motivasii Belajari Siswai Sekolah Dasari Kelas IVi SD Inpresi Kerora. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Volume 5 No. 2, Juli 2022, 46-53

Sitirahayu, Heru Purnomo. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnali Ilmiah Ilmui Pendidikan (2614-8854). Volume 4, Nomor 3,

Junii 2021 (164-168).

Slameto. (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Slameto. (2016). Belajar & Faktor – Faktor yang Mempengaruhinyai Cetakan. Keenam. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2017). Prosedur Penelitiani Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyadi. (2018). Teknologii Pengajaran Fisika.

Yogyakarta: Tempel Sari.

Syaiful Bahri Djamarah (2010). Psikologii Belajar.

Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2016). Konsep dan Maknai Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Triatmanto, Supriyadi, & Endang Sumilah. (2017). Pengaruh Penggunaan Metodei Ilmiah dalami Meningkatkani Hasili Belajar IPA Pada Temai Pengukuran Gejala Alami Ditinjaui darii Aspek Kognitifi Siswai Kelas VII SMP Ni 2 Manisrenggo. Definisi Operasional Skripsi FMIPAi UNY. FMIPAi UNY: Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-12-29