HASIL UJI TINGKAT DAYA PEMBEDA, TINGKAT KESUKARAN, KEBERFUNGSIAN DISTRAKTOR, VALIDITAS DAN RELIABILITAS PADA SOAL PKN SISWA KELAS IV DI SDN 066056 MEDAN DENAI

Authors

  • M. Khairul Imam Universitas Negeri Medan

Keywords:

uji soal, analisis, pilihan ganda

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur validitas, reliabilitas, daya pembeda, fungsi distraktor dan tingkat kesukaran pada soal yang akan digunakan oleh siswa dalam evaluasi pembelajaran. untuk dapat memperoleh hasil tes yang baik, tes tersebut harus di uji cobakan terlebih dahulu dan hasilnya akan dianalisis sehingga nantinya akan diketahui soal yang dibuat apakah sudah atau belum memenuhi syarat-syarat tes tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda pada kelas IV SDN 066056 Medan Denai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber referensi dan software IBM Statistics 29.0.1.0. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesukaran soal dengan presentase (26,6%) mudah sekali, (47%) mudah, (6,6) sedang, (6,6) sukar, dan (13,3) sukar sekali. Pada tingkat daya pembeda terdapat 19 soal (64%) harus diperbaiki, 6 soal (20%) memuaskan dan 5 soal (16%) sangat efektif. Sedangkan analisis fungsi distraktor menunjukkan 49% pengecoh soal berfungsi dengan baik dan terdapat 51% pengecoh soal yang tidak berfungsi yang tersebar pada 30 soal, kemudian 46% soal berkategori valid dan 54% soal berkategori tidak valid, tingkat reliabilitas tinggi dengan R1 sebesar 0.764.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsi, A., & HERIANTO, H. (2021). Langkah-langkah Uji Validitas Dan Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37-64.

Fitrianawati, M. (2017). Peran analisis butir soal guna meningkatkan kualitas butir soal, kompetensi guru dan hasil belajar peserta didik.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 70-81.

Hanifah, N. (2017). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio e-KONS, 6(1).

Herdiawanto, H., & Hamdayama, J. (2021). Dasar-dasar penelitian sosial. Prenada Media.

Supandi, S., & Farikhah, L. (2016). Analisis butir soal matematika pada instrumen uji coba materi segitiga. JIPMat, 1(1).

Tarmizi, P., Setiono, P., Amaliyah, Y., & Agrian, A. (2021). Analisis butir soal pilihan ganda tema sehat itu penting kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 124-132.

Downloads

Published

2023-06-30