Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Persatuan Dan Kesatuan Berbasis Karakter Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.250121/jpgsdi.v9i2.5520Abstract
Tuntutan mengembangkan media pembelajaran untuk mengatasi masalah guru kelas IV SD Katolik Santa Maria 1 Malang yang mengalami kesulitan menerapkan pendidikan karakter profil pelajar pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga membuat siswa mengalami penurunan minat belajar dan belum mendapatkan nilai yang memuaskan. Tujuan dari pengembangan ini untuk mendeskripsikan validasi e-modul pendidikan pancasila pada materi persatuan dan kesatuan berbasis karakter. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dalam empat tahap: Definition, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini mengunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan e-modul Pendidikan Pancasila berbasis karakter yang dilakukan oleh validator ahli materi menunjukkan persentase 94,230% (sangat layak), dari ahli media memperoleh persentase 87,5% (sangat layak), dari ahli bahasa memperoleh persentase 75% (Layak) . Berdasarkan hasil dari data yang didapatkan tersebut diharpkan kepala sekolah dapat mengatasi permasalahan pembelajaran terutama pada pembelajaran pendidikan pancasila.
Kata Kunci: E-Modul, Karakter
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pius Nando, Yulianti, Prihatin Sulistyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.