EFEKTIVITAS PENDEKATAN INTERAKTIF DALAM MENGAJARKAN SISWA UNTUK MENYAYANGI DAN MERAWAT HEWAN SERTA TUMBUHAN SEBAGAI BAGIAN DARI PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS 3 SD NEGERI SARANGAN
Keywords:
pendidikan lingkungan, Anak usia dini, Hewan dan tumbuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas pendekatan interaktif dalam mengajarkan anak-anak kelas 3 untuk menyayangi dan merawat hewan serta tumbuhan sebagai bagian dari peduli lingkungan. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas 3 di SD Negeri Serangan yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Metode-metode yang digunakan meliputi observasi partisipatif, wawancara terstruktur dengan guru guru, serta analisis reflektif terhadap kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dilakukan didalam dan diluar kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan-kegiatan seperti observasi langsung, perawatan hewan dan tumbuhan, serta pembelajaran melalui pengalaman langsung secara signifikan meningkatkan pemahaman anak-anak tentang keterhubungan alam dan nilai-nilai konservasi. Siswa-siswa menunjukan peningkatan dalam sikap peduli terhadap lingkungan dan kegiatan untuk berkontribusi dalam melindungi alam sekitar mereka. Siswa menunjukan peningkatan dalam kemampuan mengidentifikasi hubungan ekologis antara berbagai jenis hewan dan tumbuhan di sekitar mereka. Guru-guru melaporkan bahwa kegiatan ini tidak hanya
References
Akbar, S., Samawi, A., Arafiq, M., & Hidayah, L. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Sekolah Dasar, 23(2), 139–151.
Anggraini, D. R. (2018). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreatifitas Guru Bahasa Inggris Mts Al-Insan. Universitas Muhammadiyah Tanggerang, 446–452.
Astiti, N. P. M., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 86–93.
Brown, C., & Green, D. (2018). Teaching Love for Nature: Early Childhood Education Practices. International Journal of Early Childhood Education, 32(4), 345-359
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.
Fauziah, M., Hartati, T., Damaianti, V. S., & Sholehuddin, M. (2021). Efektifitas pengajaran daring menggunakan media digital terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(2), 238–248. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v5i2.340
Fauziah, M., Sulaeman, Y., Fauziah, Y., & Maizora, Y. (2023). mproving Reading-Aloud Ability With A Constructivism Approach For Grade 2 Elementary Students. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 268–276.
Hidayah, N. (2021). Integrating Environmental Education into Primary School Curriculum: Case Studies from Indonesia. Asian Journal of Education and Pedagogy, 5(1), 56-68.
Jenkins, H., & Williams, M. (2017). The Impact of Experiential Learning on Environmental Awareness: Lessons from Urban Schools. Environmental Education Research, 28(1), 45- 58.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Napitupulu, D. sahputra. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi. Tazkiya, 8(1), 125–138.
Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 38–49.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.
Ryan, K., & Smith, L. (2019). Engaging Students in Conservation: A Study of Hands-On Learning in Elementary Schools. Conservation Education, 22(3), 189-204.
Smith, J., & Johnson, A. (2020). The Role of Direct Interaction in Environmental Education.
Journal of Environmental Education, 45(2), 123-135.
Susilowati. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Syazali, M., & Umar, U. (2022). Peran kebudayaan dalam pembelajaran IPA di indonesia: studi literatur etnosains. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 344–354
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Angga Wirayuda, Adelbertus Chun Chun, Bima arya pamungkas, Ilyas Hadi Marta, Rafif Arkhab Kurniawan, Mahilda Dea Komalasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.