Survei Penerapan Media Whatsapp Grup Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV di SD Negeri Ngoto Yogyakarta

Authors

  • Abdul Aziz Fathurrahman Universitas PGRI Yogyakarta
  • Urip Muhayat Wiji Wahyudi

DOI:

https://doi.org/10.250121/jpgsdi.v10i1.6535

Keywords:

Whatsapp Grup, Pecahan, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) bagaimana penerapan media whatsapp grup pada materi pecahan siswa kelas IV; (2) apakah media whatsapp dapat menjadi media alternatif dalam pembelajaran daring di SD Negeri Ngoto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey menggunakan angket dan sampel yang digunakan sebanyak 45 siswa dengan menggunakan teknik total sampling dan tidak menggunakan kriteria tertentu, hanya fokus pada kelas IV. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan media whatsapp grup pada materi pecahan siswa kelas IV di SD Negeri Ngoto Yogyakarta dengan menggunakan 3 indikator pada instrumennya yaitu: (1) motivasi dan rasa ingin tau; (2) aktif berdiskusi; (3) mudah dipahami. Instrumen ini menggunakan skala Likert dengan skala 1-5 dan pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan positif dan pertanyaan negatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) penerapan media whatsapp grup pada materi pecahan siswa kelas IV di SD Negeri Ngoto Yogyakarta dari hasil angket yang berisi tiga indikator dan masing-masing nilanya diatas 75%. Rata-rata nilai motivasi dan rasa ingin tau sebeser 77,66%, aktif berdiskusi 76,08%, dan mudah dipahami materi 78,88%; (2) penerapan media whatsapp grup dapat menjadi media alternatif dalam pembelajaran daring. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang menyatakan penggunaan media whatsapp terlaksana dengan baik.

References

Databoks. 2021. Berapa Jumlah Pengguna Aktif WhatsApp dan Platform Pesaingnya?. Dikutip pada 26 November 2021. Diakses pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/21/berapa-jumlah pengguna-aktif-whatsapp-dan-platform-pesaingnya

Elianur, C. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Antara Pengawas Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1–14.

Fauziah, M., Hartati, T., & Sulaeman, Y. (2021). The Effect Of Whatsapp Application On The Students’early Reading Ability At Grade I Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 346–352.

Jannah, Miftahul. 2021. Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thahasaifuddin Jambi.

Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Antasari Press.

Kamil, Popo M. dan Egi Nuryadin. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Whatsapp (WA) Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. 2(2)

Nora, Y., Jusar, I. R., Rahmadani, A. F., & Safitri, T. A. (2022). Validitas E-Modul Ips Lectora Inspire Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 31. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.5478

Oktaviani, Fatimah Nur. 2021. Respons Siswa terhadap Penggunaan Whatsapp di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Media Pembelajaran Matematika kelas VII SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja. Skripsi. Sulawesi Selatan: IAIN Palopo.

Kamil, Popo M. dan Egi Nuryadin. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Whatsapp (WA) Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211

Syarifhidayat, P. ., & Hendra, W. (2018). Pemanfaatan aplikasi whatsapp (Wa) dikalangan Pelajar (Studi kasus Di Mts Almuddatsiriyah dan MTS Jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 98–109.

Wati, N. N. K. (2020). Perangkat pembelajaran berbasis E-learning di sekolah dasar. PINTU:Pusat Penjaminan Mutu, 1(2), 180–189. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/913

Downloads

Published

2024-06-29