KAJIAN PROBLEMATIKA MAHALNYA BIAYA PENDIDIKAN YANG ADA DI INDONESIA
Keywords:
Pendidikan, Biaya, Mahal, Sekolah, Rencana AnggaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji problematika mahalnya biaya pendidikan yang kini banyak terjadi. Metode yang digunakan ialah studi kasus mengenai beberapa kejadian yang telah terjadi. Studi kasus adalah metode penelitian yang mendalam dan terperinci terhadap satu atau beberapa kasus yang spesifik, dengan tujuan untuk memahami secara mendalam tentang kasus tersebut. Pembiayaan pendidikan merupakan aspek krusial yang menopang kelangsungan dan kualitas pendidikan. Pemimpin sekolah memiliki peran krusial dalam mengoptimalkan penggunaan dana sekolah. Penelitian ini juga mengkaji terkait perencanaan dana di sekolah yaitu Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS). RAPBS tidak hanya sebagai instrumen pengelolaan keuangan sekolah, tetapi juga sebagai alat untuk memastikan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
References
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat pendidikan. Istiqra: jurnal pendidikan dan pemikiran islam, 1(2).
Marceylla, D. V., & Subroto, W. T. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap IPK Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unesa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 36-42.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional. (2003).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kartika Sari, Ari Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.