PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL EVALUASI PRAKTIK MELALUI SUPERVISI TEKNIK INDIVIDUAL CONFERENCE PADA GURU GURU DI SLB MARDI MULYO

Authors

  • Umi Komzanah

Keywords:

teknik supervisi individual conference, soal evaluasi praktik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  kemampuan guru dalam menyusun soal evaluasi praktik  melalui supervisi teknik individul conference. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) menggunakan model Kemmis and Taggart. dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru SLB Mardi Mulyo yang berjumlah 14 orang.   Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, tes, dan  angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi,  instrumen tes praktik menyusun soal, dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun soal evaluasi praktik dengan kriteria baik (skor minimal 71). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal evaluasi praktik  dari  pra siklus (rata rata 53,125) ke siklus I  (rata rata 60,26) dan ke siklus II (rata rata 79,46 ). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa supervisi teknik individual conference  dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal evaluasi praktik.

References

Daryanto. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

E. Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung : Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa (2017). Perdirjen Dikdasmen Nomor 10/D/KR/2017 tentang Standar Kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus.

E. Mulyasa (2007) Kemendiknas Nomor 16 tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Dhiniaty Gularso, B. D. L. & F. N. U. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN DAERAH BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. 1(4), 63–67. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subang. Journal Penelitian Pendidikan, 11(2), 77–89.

Noormiyanto, F. (2018). Improving Assertive Attitude Through Assertive Trainning Techniques for Deaf Student. 272, 222–225.

Noormiyanto, F. (2020a). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PERANGKAT MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERKESULITAN BELAJAR. Elementary School, 7(2), 318–325.

Noormiyanto, F. (2020b). Jurnal Moral Kemasyarakatan Pengaruh Political Internet User Terhadap Partisipasi Politik Disabilitas. 5(1), 10–18.

Werdayanti, A., & Belakang, L. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.434

Prasojo, Lantip Diat, & Sudiyono. (2011) Supervisi Pendidikan. Edisi RevisiYogyakarta: Penerbit Gava Media.

Purwanto, M. Ngalim. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sahertian, Piet, A. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Membangun Sumber Daya Manusia). Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet, A. & Mataheru, Frans. (1982). Prinsip & Tehnik Supervisi Pendidikan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Syah, Muhibbin. (2009). Psikhologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 10 dan 32.

Published

2020-09-10

Citation Check