UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA WAYANG GAMBAR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB PUSPA MELATI TEPUS GUNUNGKIDUL

Penulis

  • Iriani Fasisih
  • Luqman Hidayat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa tunagrahita kelas II SDLB Puspa Melati Tepus dengan menggunakan media wayang gambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca siswa tunagrahita dan guru masih menggunakan media LKS, papan tulis dan spidol sebagai media bacaan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas II SLB Puspa Melati Tepus yang berjumlah 2 anak. Objek penelitian ini adalah Meningkatkan ketrampilan membaca permulaan Melalui Media Wayang Gambar.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi sedangkan teknik analisisnya digunakan secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wayang gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas II SDLB Puspa Melati.Peningkatan ini dapat dilihat dari pengamatan yang meningkat dalam setiap siklus. Kemampuan membaca dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I yang tadinya rerata nilainya 65 naik menjadi 70, dan di siklus II juga naik reratanya menjadi 77,5.

.

Kata Kunci: Media wayang huruf, Upaya meningkatkan kemampuan membaca

Referensi

T. Suharmini, Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. 2007.

S. Handayani, Sri Lestari Wahyu, “Media Gambar Untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Kelas 1c Slbn Salatiga Dalam Belajar Matematika,†Media Gambar Untuk Meningkat. Daya Tarik Siswa Kelas 1c Slbn Salatiga Dalam Belajar Mat., 2019.

M. Efendi, “Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.†2006.

M. Amin, Ortopedagogik Anak Tunagrahita. 1995.

I. Jumiati, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda Bagi Anak Tunagrahita Ringan,†2012.

Musripah, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Kartu Suku Kata,†2020.

B. A. W. Seefeldt, Carol, Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pt.Indeks, 2008.

N. Hayati, “Media Wayang Huruf Pada Kelompok B Tk Kasih Ibu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2013 / 2014,†Pp. 36–49, 2014.

Y. Ahmadi, “Wayang Beber Remeng Mangunjaya Di Gelaran Gunungkidul Dalam Kajian Hermeneutika,†2020.

K. H. Timotius, Pengantar Metodologi Penelitian Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan. Andi, 2017.

E. B. Hamdi, Asep Saepul, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish, 2015.

S. Arikunto, Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

D. Dan A. K. Satori, “Metodologi Penelitian Kualitatif,†2014.

A. Sri, “Media Pembelajaran,†Media Pembelajaran, 2008.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-04

Citation Check