UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BIJI TASBIH PADA SISWA KELAS III SLB NEGERI KUALA TUNGKAL
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan media kantong biji tasbih dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada pembelajaran matematika siswa kelas III SLB Negeri Kuala Tungkal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Jenis data yang dikumpulkan adalah data penelitian kuatitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media berhitung kantong biji tasbih ini mengalami peningkatan pada setiap indikator dengan sesuai batas pencapaian ketuntasan belajar anak. Kurang optimalnya kemampuan berhitung pada siswa kelas 3 di SLB Negeri Kuala Tungkal adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal. Jadi, peserta didik merasa bosan saat kegiatan berhitung. Dan biasanya mereka berhitung langsung menggunakan jari-jari mereka . pembelajaran  berhitung pada siswa di SLB Negeri Kuala Tungkal juga tidak sesuai dengan tahapan-tahapan dalam berhitung. Kegiatan berhitung didalam kelas kurang menyenangkan bagi peserta didik karena tidak ada media yang digunakan, kegiatan berhitung langsung menggunakan jari-jari mereka dan menulis dibuku mereka masing-masing, dan metode yanng digunakan kurang menarik.
Kata Kunci : tunagrahita, kemampuan berhitung, kantong biji tasbih
Referensi
Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1), 2–20.
Munawaroh, K. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELAUI PENGGUNAAN MEDIA BIJI-BIJIAN JAGUNG PADA ANAK KELOMPOK B DI RA PERWANIDA SAMBIGEDE.
Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). ABK ( Anak Berkebtuhan Khusus). Foreign Affairs, 91(5), 1689–1699.