UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III SLB PGRI SENTOLO KULON PROGO

Penulis

  • Ririh Mita Saputri
  • Yulian Agus Suminar
  • Luqman Hidayat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui media permainan ular tangga pada siswa tunagrahita kelas III SLB PGRI Sentolo Kulon Progo Tahun 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: pengamatan, wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan alat rekam gambar (dokumentasi). Teknik  analisis  data  yang digunakan  yaitu  validitas data dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan produk media pembelajaran ular tangga menggunakan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) pelaksanaan tindakan kelas dengan model pembelajaran ular tangga melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,dan pengamatan. (3) Ular Tangga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi sebesar 7,06% dari 77,76% (sebelum pembelajaran menggunakan media) dan meningkat menjadi 84,82% (sesudah pembelajaran menggunakan media).

Kata kunci: Media pembelajaran ular tangga, motivasi belajar

Referensi

Amin, Moh. 1995. “Ortopedagogik Anak Tuna Rungu Grahitaâ€. Jakarta: Depdikbud.

Apriyanto, N. 2012. Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Edited by Chrisna. Yogyakarta: Javalitera.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hallan dan Kauffman 1986, dalam Hadis, 2006

Bachri Syaiful. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta : Rineka Cipta

Endang Mulyatiningsih. (2012) Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press

Kurniawan, Nova Adyatma (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Catur Akuntansi Untuk Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2013/2014. S1 Thesis, Fakultas Ekonomi Uny.

Machdarini, M., & Hidayat, L. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BIJI TASBIH PADA SISWA KELAS III SLB NEGERI KUALA TUNGKAL. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 232-236.

Madya, Suawarsih, 2006, Penelitian Tindakan: Action Reseach, Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. : Jakarta: Prenada

Sartikaningrum Ria, Ria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smk Negeri 1 Tempel. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-11

Citation Check