UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI PENGURANGAN DAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA KELERENG UNTUK SISWA KELAS II SLB DAMAYANTI NGAGLIK SLEMAN

Penulis

  • Eni Umi Lestari
  • Yulian Agus Suminar
  • Luqman Hidayat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode kelereng dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengurangan dan penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas II SDLB-C SLB Damayanti Karanglo Sukoharjo Ngaglik Sleman Tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian ini siswa kelas II SDLB-C SLB Damayanti Karanglo Sukoharjo Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa metode Kelereng dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Pengurangan dan penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas II SDLB-C SLB Damayanti Karanglo Sukoharjo Ngaglik Sleman Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan pada siklus I dari KKM yang sudah ditentukan sebesar 67 dan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85 % menunjukkan bahwa 4 siswa mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal sebesar 53 %. Setelah dilakukan refleksi pada siklus II menunjukkaan 5 siswa tuntas mencapai KKM dengan kriteria ketuntasan klasikal sebesar 88 %. Dengan demikian, diperoleh hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35 %.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode Kelereng

 

Referensi

Machdarini, M., & Hidayat, L. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BIJI TASBIH PADA SISWA KELAS III SLB NEGERI KUALA TUNGKAL. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 232-236.

Maharani, I. N. 2017. Model pengembangan bahan ajar matematika untuk Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 8(1) 1-10. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/54/51

Matematika, P., & Ips, D. A. N. (2017). Persepsi Guru Pendidikan Dasar Dan Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam. II(1), 1–14.

Rahmawati, F., Murdiansyah, H., & Humaidi, M. A. (2020). Proses Komunikasi Interpersonal terhadap pembelajaran siswa tunarungu wicara di SDN Inklusi Keraton 4 Martapura. 1–6.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-11

Citation Check