MEDIA PILON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK MENCOLET KETERAMPILAN BATIK PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Abstrak
Kebutuhan penguasaan ketrampilan dalam menjawab tantangan dunia di era modern berlaku pula untuk anak-anak berkebutuhan khusus salah satunya tunagrahita. permasalahan apakah mereka dapat bersaing dengan anak-anak dengan kebutuhan khusus lainnya dan juga dengan anak-anak normal serta apakah ada peluang mereka dapat memiliki karir yang layak merupakan hal yang membutuhkan perhatian lebih. Salah satu upaya untuk merespon kondisi tersebut adalah perlunya peningkatan kualitas pembelajaran vokasi untuk peningkatan ketrampilan dalam membatik yakni dengan teknik mencolet dengan media pilon. Tempat penelitian yakni di SLB Negeri 1 Sleman. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu obervasi siswa belajar, observasi guru mengajar, dan tes hasil belajar siswa. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data yakni diskriptif kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini digunakan untuk mengukur sejauh mana peningkatan kemampuan mencolet menggunakan media pilon bagi anak kelas XII SMALB Tunagrahita Ringan / C di SLB Negeri 1 Sleman.
Â
Kata kunci : teknik mencolet, media pilon, tunagrahita
Referensi
Abimanyu,S. (1999), Penelitian Praktis Untuk Perbaikan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Guru SD
Anwar. 2014 Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Bandung Alfabeta.
Kardi, Soeparman da Mohamad Nur. (2000) Pengajaran Langsung. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press
Lisbijanto, Herry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mumpuniarti. 2003. Ortodidaktik Tunagrahita.Yogyakarta: FIP UNY. (2007).Pendekatan Pembelajaran bagi Anak HambatanMental.Yogyakarta:Kanwa Publisher
OLiunir, Z. 2006. Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Keterampilan Kerumahtanggaan dan Kepariwisataan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Lembang. Artikel, FPTK-UPI
Raka Joni. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PCP PGSM Dikjen Dikti.
Soedarsono, (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen dikti BP3 GSD Yogyakarta
Sutjihati Somantri, 2006. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika Aditama. (2019). Kurikulum Sekolah SLBN 1 Sleman.
Suyanto. (1997). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Depdikbud
https://www.dekoruma.com/artikel/78138/jenis-pipa-paralon, dikutip tanggal 18 Mei 2019 jam 21.00 WIB.