MANAJEMEN TAMAN TERINDAH (KAJIAN ALTERNATIF PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KHUSUS)
Kata Kunci:
Manajemen taman terindah, alternatif pengembangan, kemandirian, keterampilan, dan ibadahAbstrak
Sebuah kajian alternatif pengembangan pendidikan khusus bagaimana implementasi dan dampak dari pengembangan manajemen Taman Terindah yang dilaksanakan di salah satu sekolah yang memberikan pelayanan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yaitu SLB Negeri Boyolali. Adapun tahapan implementasinya adalah; (1) perumusan konsep, (2) implementasi, (3) evaluasi. Hasil dari penerapan konsep Manajemen Taman Terindah menunjukkan realisasi program kemandirian sebesar 80%, keterampilan 50% dan ibadah terealisasi 83%. Kesimpulannya dengan mengimplementasikan  konsep Manajemen Taman Terindah ada peningkatan realisasi progam kemandirian, keterampilan dan ibadah dibanding dengan sebelum ada penerapan Manajemen Taman terindah.
Referensi
Atmojo, S. E., Kurniawati, W., & Muhtarom, T. (2019). Science Learning Integrated Ethnoscience to Increase Scientific Literacy and Scientific Character. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012033
Choi, I., Wolf, M. K., Pooler, E., Sova, L., & Faulkner-Bond, M. (2019). Investigating the Benefits of Scaffolding in Assessments of Young English Learners: A Case for Scaffolded Retell Tasks. Language Assessment Quarterly, 16(2), 161–179. https://doi.org/10.1080/15434303.2019.1619180
Dhiniaty Gularso, B. D. L. & F. N. U. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN DAERAH BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. 1(4), 63–67. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dixon, M. R., McCord, B. E., & Belisle, J. (2018). A demonstration of higher-order response class development in children. Journal of Applied Behavior Analysis, 51(3), 590–595. https://doi.org/10.1002/jaba.456
Guerrero Cortes, E. (2017). Necesidades de cuidado para el bienestar de madres canguro de la E.S.E. Hospital San Rafael De Tunja. Universidad de La Sabana, 185–192. https://doi.org/10.1002/nur
Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subang. Journal Penelitian Pendidikan, 11(2), 77–89.
McLain, M. (2019). Developing perspectives on ‘the demonstration’ as a signature pedagogy in design and technology education. International Journal of Technology and Design Education, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10798-019-09545-1
Noormiyanto, F. (2018). Improving Assertive Attitude Through Assertive Trainning Techniques for Deaf Student. 272, 222–225.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Vydia, V., Irliana, N., & Savitri, A. D. (2014). Pengaruh Sosial Media Terhadap Komunikasi Interpersonal dan Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal Transformatika, 12(1), 14. https://doi.org/10.26623/transformatika.v12i1.86
Mulyasa,E. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan:Pengembangan Kompetensi Dan Kompetensi Dasar. Bandung: Rosda Karya.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015. Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.