PENGGUNAAN MEDIA KALDUK SPONTI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI PUNAKAWAN PADA PEMBELAJARANDARING KELAS VI SDLBC SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA
Kata Kunci:
media Kalduk Sponti, motivasi belajar Bahasa Jawa, Punakawan, pembelajaran daring, kelas VI SDLB CAbstrak
Referensi
Ahmad Rivai dan Nana Sudjana.2007.Media dan sumber belajar TK.Jakarta : Universitas
Terbuka
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Effendi, 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan .Jakarta: PT Bumi Aksara
Latifah, Nur dkk (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui
Pembelajaran dengan Google Meet. Absis: Mathematics Education Journal, Vol. 2
No. 2, hlm 46-52
Martinis, Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningrum, D. S. 2014. Ningrum, Peran Tokoh Punakawan dalam Wayang Kulit sebagai Media
Penanaman Karakter di Desa Bendosewu Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. 1-11.
Prayoga, D. S., A.Y. Fianto, dan W. Hidayat. 2015. : Penciptaan Buku Novel Graphic
Punakawan sebagai Upaya Pengenalan Warisan Budaya Kepada Anak-anak. Art
Nouveau. 4(1): 1-9.
Salimah. 2011. Dampak Penerapan Bermain Dengan Media Gambar Seri Dalam
Mengembangkan Keterampilan Berbicara Dan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia
Dini. Jurnal Pendidikan (1) 187-196
Suharsimi Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.
Sunarto, 1989. Wayang kulit purwa gaya yogyakarta. Jakarta: Balai Pustaka
Wahyuni, Vivin Nur (2021). Efektifitas Penggunaan Google Meet dalam
Pembelajaran Daring terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Al-Islam Plus
Krian Sidoarjo. Skripsi, UIN Sunan Ampel Prodi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah.
Yusuf Bilfaqih dan M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Penyusunan Materi
Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish