PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TANGGA PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDLB TUNARUNGU DI SLB B/C HAMONG PUTRO SUKOHARJO
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi perkalian menggunakan alat peraga tangga perkalian di SLB B/C Hamong Putro Jombor Bendosari Sukoharjo. Metode penelitian menggunakan peneltian tindakan kelas dengan dua siklus. Prosedur pelaksanaanya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dimana siklusnya terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subyek penelitian kelas V Tunarungu dengan jumlah 8 peserta didik tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi.Penelitian diawali dari hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah suatu proses dari pelaksanaan pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga tangga perkalian ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar setiap siklus. Peningkatan hasil belajar peserta didik secara runtut dapat dilihat yaitu : pada siklus I Pembelajaran matematika menggunakan alat peraga tangga perkalian peserta didik yang memperoleh ketuntasan hanya sebesar 37.5 %. Pada pembelajaran matematika materi perkalian menggunakan alat peraga tangga perkalian ketuntasan belajar peserta didik dialami oleh semua peserta didik atau sebesar 100 % lulus KKM. Pembelajaran matematika untuk anak tunarungu menjadi lebih menarik, menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Penggunaan alat peraga tangga perkalian dalam pembelajaran matematika membangkitkan semangat dan meningkatkan aktivitas peserta didik sehingga apa yang sudah dipelajarinya menjadi bekal dimasyarakat. Strategi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga tangga perkalian pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik tunarungu kelas V di SLB B/C Hamong Putro Jombor Bendosari Sukoharjo.
Kata kunci: Hasil belajar matematika, tangga perkalian, tunarungu