PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MELALUI METODE JIGSAW KELAS VIII F MTs NEGERI 5 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1187Abstract
Keberhasilan siswa mencapai prestasi yang baik pada pembelajaran PKn merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses belajar mengajar PKn. Berdasarkan studi pendahuluan pada siswa MTs Negeri Demak ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikategorikan rendah. Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran PKn Melalui metode jigsaw pada siswa kelas VIII F MTs Negeri Demak Semester gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I yang oleh peneliti diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui metode jigsaw, ternyata hasil yang dicapai dalam pembelajaran PKn pada siklus I beberapa siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan. Adapun siklus II, siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sangat antusias. Pemberian materi dengan menggunakan metode jigsaw melalui dua siklus rata-rata nilai tes akhir pada siklus I dan rata-rata nilai tes akhir pada seiklus II mengalami perubahan yang signifikan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, jigsaw, siswa SMP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.