PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK BAGI SISWA KELAS VIII F DI MTs NEGERI 5 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1191Abstract
Tujuan dari penelitian ini: 1) Meningkatkan motivasi belajar IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak melalui diskusi kelompok, 2) Meningkatkan hasil belajar IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan pada siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak melalui diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pretest, tes formatif pada tiap akhir siklus, sedangkan data hasil non pengamatan aktivitas siswa. Sumber data: guru, siswa, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini Melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak , sebesar 27 dengan nilai rata-rata dari 61 menjadi 88. Melalui metode diskusi kelompok, hasil belajar IPA materi pertumbuhan dan perkembangansiswa kelas VIII MTs Negeri 5 Demak dapat meningkat sebesar 24 dari nilai rata-rata 57 menjadi 81. Sedangkan, ketuntasan belajar terjadi peningkatan sebesar 68% dari yang tuntas 26% menjadi 94 % terjadi kenaikan yang sangat Signifikan.
Kata Kunci: motivasi, hasil belajar dan diskusi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.