ANALISIS STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MAHASISWA PENERIMA PROGRAM BEASISWA HAFIZ DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2181Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi menghafal Al-Qur’an
bagi mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa hafiz, untuk mendeskripsikan faktor
penghambat dan faktor pendukung dalam proses menghafal Al-Qur’an serta dampak
positif bagi orang lain. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan yang dilakukan dalam penulisan ini yaitu pendekatan metode kualitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang utama adalah teknik wawancara.
Selain itu juga observasi partisipatif agar data yang diperoleh lebih valid, dan disertai
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh para
mahasiwa/i penerima beasiswa hafiz yaitu dengan menggunakan pengulangan atau
muroja’ah yang dilakukan dengan sistem tidak beralih dari ayat berikutnya sebelum ayat
sebelumnya yang sedang dihafal benar-benar hafal. Untuk faktor penghambat
pelaksanaan menghafal Al-Qur’an antara lain: kondisi lingkungan, malas dan kecapekan.
Serta faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an adalah: Istiqamah dalam menghafal,
motivasi diri sendiri, manajemen waktu, dan tempat untuk menghafal.
Kata Kunci: Strategi menghafal Al-Qur’an, implikasi hafalan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.