PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Anak Usia Sekolah Dasar Pengguna Gadget di Bantul)

Authors

  • Sarah Rahmawati Program Studi Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2189

Abstract

Perkembangan teknologi ternyata sangat mempengaruhi pola kehidupan manusia jika
tidak dimanfaatkan dengan benar gadget dapat mengganggu kecerdasan emosional anak.
Jika dibandingkan dengan anak generasi dulu dan sekarang juga berbeda, generasi dahulu
mengenal bahkan memainkan permainan gobag sodor,lompat tali ,boi-boinan dan
lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Lokasi penelitiannya di Piyungan Srimartani Piyungan Bantul. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yakni peneliti sendiri, interview guide dan alat dokumentasi.
Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan Data Reduction (Reduksi Data),
Data Display (Penyajian Data), Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian secara
keseluruhan menunjukkan bahwa penggunaan gadget terhadap kecerdasan emosional
anak usia sekolah dasar menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Adapun dampak
positif penggunaan gadget yaitu memudahkan dalam berkomunikasi, memudahkan dalam
mendapatkan informasi untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dampak negatif
yang ditimbulkan diantaranya yaitu kurangnya dalam berinteraksi secara langsung, tidak
stabil kecerdasan emosionalnya dan menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar.
Kata Kunci: Era Digital, Anak Usia Sekolah Dasar, Kecerdasan Emosional

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Rahmawati, S. (2021). PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Anak Usia Sekolah Dasar Pengguna Gadget di Bantul). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 102–109. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2189

Citation Check