PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SELF- MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK MELALUI GOOGLE MEET TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID- 19 DI SMA Dr. SOETOMO SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2192Abstract
Tujuan penilitan yakni untuk memahami adanya pengaruh penggunaan teknik self-
management dalam konseling kelompok melalui google meet untuk menurunkan
prokrastinasi akademik belajar siswa saat pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19
pada siswa SMA Dr. Soetomo Surabaya. Metode penelitian menggunakan metode
kuantitatif. Penelitian ini, memilih lima subjek dari kelas XI IPS-1 yang mengalami
perilaku prokrastinasi akademik dengan kategori tinggi dan sangat rendah. Setelah subjek
melakukan treatment menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi, yang mengalami
prokrastinasi akademik tinggi, dengan menggunakan uji T SPSS for Windows versi 26.0.
Hasil analisis data yang diperoleh menggunakan teknik uji t independen statistika
parametrik uji t atau F = 0,431 yang artinya signifikansi. Berdasarkan hasil penelitian ini,
teknik self-management dalam konseling kelompok melalui google meet dapat
mengurangi prokrastinasi akademik belajar siswa secara daring saat pandemi covid-19 di
SMA Dr. Soetomo Surabaya.
Kata Kunci: Teknik Self-Management, Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.