EFEKTIVITAS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MENGGUNAKAN SISTEM ZONA DALAM PEMERATAAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMPN KECAMATAN TEMANGGUNG)

Authors

  • Hidayah Setiyanti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui alasan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zona di Kecamatan Temanggung. 2) mengetahui penerapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zona di Kecamatan Temanggung. 3) mengidentifikasi efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zona di Kecamatan Temanggung dalam pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Temanggung. Pada penelitian ini, peneliti akan menggunakan snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zona diharapkan mampu mengatasi masalah kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan di pinggir kota. Disisi lain timbul masalah ketika pada kenyataannya di Kecamatan Temanggung terdapat 6 SMP Negeri. Kata kunci: penerimaan peserta didik baru, sistem zonasi, pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Setiyanti, H. (2019). EFEKTIVITAS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MENGGUNAKAN SISTEM ZONA DALAM PEMERATAAN DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMPN KECAMATAN TEMANGGUNG). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.309

Citation Check