PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEPANDUAN HIZBUL WATHAN (Studi Terhadap Implementasi Manajemen Kurikulum Pengenal Tingkat Purwa Kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo)

Authors

  • Raden Wisnu Broto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui mengapa terdapat perbedaan dalam memahami kurikulum pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo; (2) mengetahui implementasi manajemen kurikulum pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk karakter peserta didik SMP Muhammadiyah se Kulon Progo; (3) bagaimana efektifitas pembentukan karakter peserta didik pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo yang berkaitan dengan karakter peserta didik.Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Muhammadiyah se Kulon Progo di bawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kulon Progo. Hasil penelitian: (1) Perbedaan dalam memahami kurikulum pengenal tingkat Purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo. (2) Implementasi manajemen kurikulum pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk karakter peserta didik kelas tujuh SMP Muhammadiyah se Kulon Progo disusun berdasarkan penjabaran visi misi kepanduan Hizbul Wathan di sekolah masing-masing. (3) Pembentukan karakter peserta didik pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo berjalan efektif. Kata kunci: pembentukan karakter, peserta didik, kepanduan Hizbul Wathan, Implementasi kurikulum

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Broto, R. W. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEPANDUAN HIZBUL WATHAN (Studi Terhadap Implementasi Manajemen Kurikulum Pengenal Tingkat Purwa Kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.312

Citation Check