PENINGKATAN KOMPETENSI PENGELOLAAN LABORATORIUM MELALUI PELATIHAN TERSTRUKTUR BAGI KEPALA LABORATORIUM DI SMP KECAMATAN TERAS PADA SEMESTER 2 TAHUN 2016/2017

Authors

  • Danto Kris Suwarno Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan kompetensi pengelolaan laboratorium melalui pelatihan terstruktur dengan teknik saling berkunjung bagi kepala laboratorium di SMP Kecamatan Teras pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, 2) mengetahui peningkatan kompetensi kepala laboratorium di SMP Kecamatan Teras dalam mengelola laboratorium setelah melaksanakan pelatihan terstruktur dengan teknik saling berkunjung pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, 3) mengetahui perubahan perilaku kepala laboratorium di SMP Kecamatan Teras dalam mengelola laboratorium setelah melaksanakan pelatihan terstruktur dengan teknik saling berkunjung pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah dengan memberikan tindakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah kepala laboratorium di SMP Kecamatan Teras dengan sampel sejumlah 12 kepala laboratorium dari 3 SMP negeri dan swasta. Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa terdapat: 1) peningkatan proses pelatihan untuk peningkatan kompetensi kepala laboratorium; 2) terdapat peningkatan kinerja sebesar 42,50(117,2%) dari rerata nilai kinerja 36,25 menjadi 78,75 dan peningkatan pengelolaan laboratorium sebesar 43,50 (128,8%) dari rerata nilai 33,75 menjadi 77,50; dan (3) perubahan perilaku positif kepala laboratorium dari kategori cukup menjadi cukup tinggi. Kata Kunci: pelatihan terstruktur, penilaian kinerja kepala laboratorium, supervisi pengelolaan laboratorium, dan kunjungan laboratorium.

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Suwarno, D. K. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PENGELOLAAN LABORATORIUM MELALUI PELATIHAN TERSTRUKTUR BAGI KEPALA LABORATORIUM DI SMP KECAMATAN TERAS PADA SEMESTER 2 TAHUN 2016/2017. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.313

Citation Check