PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN BALIGH TERHADAP KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT 5 WAKTU PADA SISWA BALIQ SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA

Authors

  • Ani Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk (1) Mengetahui pengaruh antara keteladanan orang tua (X1) terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu (Y) siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta; (2) Mengetahui pengaruh antara pemahaman baligh (X2) terhadap kedisiplinan melaksnakan shalat 5 waktu (Y) siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta; (3) Mengetahui pengaruh keteladanan orang tua (X1) dan pemahaman baligh (X2) terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu (Y) siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Tahun Ajaran 2017/2018 sejumlah 156 yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel 57 siswa. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan keteladanan orang tua terhadap kedisiplinan dalam melaksanakan shalat 5 waktu siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta dengan nilai t_hitung lebih besar daripada t_tabel (5.348 > 4.02). (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman baligh terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu dengan nilai t_hitung lebih kecil daripada t_tabel (1.10 < 4.02). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan keteladanan orang tua dan pemahaman baligh terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu dengan nilai t_hitung lebih besar daripada t_tabel (15.490 > 3.17). Kata Kunci: keteladanan orang tua, pemahaman baligh, kedisiplinan shalat

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Sulistyaningsih, A. (2019). PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN BALIGH TERHADAP KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT 5 WAKTU PADA SISWA BALIQ SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.317

Citation Check