PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 GALUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Anita Dewi Astuti IKIP PGRI Wates, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.322

Abstract

Kesulitan belajar merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh siswa dengan tingkatan yang bebeda-beda. Hal tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajarnya, karena tidak semua siswa mempunyai prestasi belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode pemberian tugas terhadap kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain control group pre-test post-test sebagai populasinya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Galur. Teknik sampling menggunakan random sampling dan purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket serta teknik analisis data menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan hasil penghitungan uji t-test maka didapat nilai thitung = 3,095 dan nilai t tabel = 2,26 dengan demikian thitung > ttabel sehingga hipotesis kerja yang peneliti ajukan diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan antara rata-rata tingkat kesulitan belajar siswa dari hasil postest antara kelompok kontrol dan eksperimen sehingga layanan bimbingan kelompok dengan metode pemberian tugas dapat dikatakan efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, pemberian tugas, kesulitan belajar

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Dewi Astuti, A. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 GALUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.322

Citation Check