PROGRAM PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (SDN KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR)
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.36Abstract
ditetapkan oleh Dinas Pendidikan, perencanaan disusun berdasarkan masukan pengawas,
perencanaan disusun berdasarkan hasil masukan kelompok kerja kepala sekolah, 2)
pelaksanaan program pembinaan kepala sekolah, 3) pengawasan dan evaluasi secara
langsung dan tidak langsung, 4) dari segi kualitas ada perubahan yang signifikan
khususnya mental dan motivasi guru, 5) ada 3 faktor pendukung dalam pembinaan kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: keberadaan UU Guru dan Dosen, dukungan
kepala UPT, kebebasan yang diberikan oleh kepala sekolah. Faktor penghambat:
kedisiplinan dan mental, persoalan waktu, sarana dan prasarana. Rekomendasi: proses
perencanaan program pembinaan berdasarkan kebutuhan guru, kepala sekolah lebih aktif
terlibat, perlu mekanisme pengawasan yang sistematis, setiap kepala sekolah hendaknya
memiliki instrument mengenai evaluasi program pembinaan.
Kata kunci: pembinaan, kepala sekolah, meningkatkan kinerja guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.