PROGRAM PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (SDN KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR)

Authors

  • Aminah - Universitas Islam Kalimantan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.36

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan pembinaan guru: agenda yang telah
ditetapkan oleh Dinas Pendidikan, perencanaan disusun berdasarkan masukan pengawas,
perencanaan disusun berdasarkan hasil masukan kelompok kerja kepala sekolah, 2)
pelaksanaan program pembinaan kepala sekolah, 3) pengawasan dan evaluasi secara
langsung dan tidak langsung, 4) dari segi kualitas ada perubahan yang signifikan
khususnya mental dan motivasi guru, 5) ada 3 faktor pendukung dalam pembinaan kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: keberadaan UU Guru dan Dosen, dukungan
kepala UPT, kebebasan yang diberikan oleh kepala sekolah. Faktor penghambat:
kedisiplinan dan mental, persoalan waktu, sarana dan prasarana. Rekomendasi: proses
perencanaan program pembinaan berdasarkan kebutuhan guru, kepala sekolah lebih aktif
terlibat, perlu mekanisme pengawasan yang sistematis, setiap kepala sekolah hendaknya
memiliki instrument mengenai evaluasi program pembinaan.
Kata kunci: pembinaan, kepala sekolah, meningkatkan kinerja guru

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

-, A. (2019). PROGRAM PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (SDN KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.36

Citation Check